Kuliner Unik Padang-Spanyol di Marco



  • Kuliner di Indonesia memang tidak ada duanya, demikian pula ide-ide di Indonesia yang tidak ada habis-habisnya. Seperti menggabungkan gastronomy lokal dan luar negri yang pastinya menghasilkan suatu cita rasa yang luar biasa. Pada tanggal 25 Agustus 2016, Marco Lim yang merupakan executive chef masakan Padang di restoran Marco mengadakan kolaborasi kuliner Indonesia Spanyol.

    Tiga murid Akademi Kuliner Gredos San Diego College - Guerlemo Prado Yebra, Ruth Argiz Guillen dan Maria Almudena Sanchez Lopez - sangat antusias memperdalam teknik dan mengenal filosofi memasak makanan Indonesia khususnya masakan Padang. Tidak hanya itu, mereka juga membawa resep dari Spanyol dan dikolaborasikan dengan resep masakan Padang, tapi tidak menghilangkan cita rasa tradisional Indonesia.

    Program ini disambut dengan positif oleh menteri Arief Yahya karena event ini dianggap dapat membawa kuliner Indonesia ke mata dunia. Spanyol termasuk 5 besar negara yang paling dikunjungi oleh turis asing. "5.1% dari tenaga kerja di Spanyol kerja di sektor pariwisata," ungkap Arief Yahya. Guerlemo, Ruth dan Maria akan pulang ke negara mereka membawa teknik pembuatan masakan Indonesia dan mengenalkan jenis kuliner khas itu kepada penduduk Spanyol, terlebih kuliner fussion Indonesia-Spanyol ini.



    Menu-menu fusion Indonesia yang dihidangkan menggabungkan yang terbaik dari kedua negara ini seperti Sopa de Pescado al Estilo Padang atau Sup Ikan ala Padang. Spanyol adalah negara pencinta dan penghasil seafood, jadi secara teknik Spanyol mengolah makanan laut sangat baik. Dikolaborasikan lagi dengan teknik memasak seafood ala chef Marco yang terkenal dengan Panggan Pancak.

    Perbedaan penyajian dari hidangan dari kedua negara pun dapat disatukan, seperti Ensalada de Dendeng Kering atau Salad dendeng kering. Salad merupakan hidangan pembuka di negara Spanyol, namun di Indonesia, salad seperti Gado-gado, Lontong Kacang dan lain-lain dapat dinikmati kapan saja. Maka itu muncul ide dengan membuat salad dengan porsi lebih kecil dicampur dengan Daging Dendeng Kering ala Padang.

    Hidangan lainnya adalah Croquetas de Rendang & Chupito de Salmorejo atau Kroket Rendang dan sop tomat yang merupakan hidangan pembuka, Brochetas de Pollo al Ajillo atau Sate Ayam Padang yang diolah dengan bumbu bawang putih dan sayur-sayuran Pedas ala Spanyol sebagai makanan utama. Ditutup dengan dessert, Crepe de Crema de Coco & Jackfruit, martabak kelapa yang mereka pelajari dari dapur Marco namun diubah menjadi Crepe dengan penutup hidangan manis natural dari buah nangka.

     

    (PHOTO: MARCO PADANG INSTAGRAM)



 

Related Articles

Nikmatnya Menu Tapas ala Padang

Nikmatnya Menu Tapas ala Padang

oleh Andhini Puteri Lestari

Nikmatnya Jamuan Peranakan Padang

Nikmatnya Jamuan Peranakan Padang

oleh Andhini Puteri Lestari

Yuk, Kunjungi Padang Pasir di Jepang

Yuk, Kunjungi Padang Pasir di Jepang

oleh Andhini Puteri Lestari

Advertisement - Continue Reading Below