Pentingnya Membersihkan Alat Penata Rambut



  • Alat penata rambut yang kotor seperti flat iron, brush atau bahkan hair roll dapat menjadi salah satu penyebab masalah rambut. Residu bahan kimia maupun kotoran yang menempel seperti debu mungkin memang tidak terlihat, tetapi dapat memberi efek negatif pada kesehatan rambut Anda. Yuk, cek tips membersihkan alat penata rambut favorit Anda berikut ini!

    1. Flat or Curling Iron

    Flat atau curling iron Anda dapat berisiko menjadi kotor dari residu produk kimia seperti hair mousse, gel rambut maupun heat protector dan saat dinyalakan dapat merusak membakar rambut.



    Coba bersihkan piringannya dengan menggunakan lap basah yang dicelupkan ke air hangat atau pembersih khusus alat penata rambut. Pastikan colokan listrik dalam keadaan tercabut dari saklar.

    2. Blow Dryer

    Pada bagian belakang blow dryer, kotoran biasanya menyumbat saringan udara. Buka penutup saringan udara tersebut kemudian bersihkan dengan tusuk gigi, sikat gigi atau tweezer. Kemudian bilas dengan air hangat hingga kering.

    Bersihkan bagian depannya dengan handuk hangat untuk membersihkan noda yang menempel.

    3. Brush and Hair Roll

    Hindari membiarkan rambut yang rontok bertahan lama pada dua alat yang satu ini. Coba bersihkan rambut yang bersarang di sikatnya setiap kali pakai. Gunakan gunting untuk menggunting rambut yang sulit dikeluarkan.

     

    (FOTO: DOK. MATES/SHUTTERSTOCK)



 

Related Articles

Trik Merawat Alat Penata Rambut

Trik Merawat Alat Penata Rambut

oleh Kiki Riama Priskila

Alat Penata Rambut Favorit Redaksi

Alat Penata Rambut Favorit Redaksi

oleh Putri Arifa Malik

Advertisement - Continue Reading Below