Life & health

Cara Mudah Menabung Bulanan

By : Anindita Nadya - 2016-08-10 23:33:13 Cara Mudah Menabung Bulanan

Cukup dengan mengalihkan 5-10% penghasilan Anda setiap bulan untuk ditabung, Anda dapat membuat kebiasaan menabung yang baik. Tetapi, beberapa orang kesulitan mempertahankan kebiasaan ini. Simak cara mudah menabung bulanan Anda agar selalu berhasil.

Ubah sikap Anda

Ubah pendekatan menabung Anda dari opsi menjadi prioritas.

Tetap pada rencana

Anda seharusnya memiliki goal untuk apa tabungan tersebut agar dapat mengetahui jangka waktu menabung dan berapa minimal uang yang harus Anda alihkan ke tabungan Anda setiap bulan. Dan ingat, jangan pergi belanja tanpa rencana yang jelas apa yang akan Anda beli.

Milikilah opsi

Saat membeli barang, selalu cari alternatif penawaran terbaik.

Beli barang yang penting saja

Jangan buang pengeluaran Anda untuk benda-benda yang tak terlalu dibutuhkan.

Hindari pemicu Anda belanja

Terbukti bahwa saat Anda depresi, kesepian, sedih, terlalu senang bahkan, Anda cenderung menghabiskan lebih banyak. Hindari berbelanja pada saat emosi Anda tidak stabil.

Jauhi kartu kredit

Hanya gunakan kartu kredit untuk pengeluaran darurat dan menghindari hutang.

Simpanlah jurnal kecil

Catat semua pengeluaran, bahkan yang kecil. Hal ini dapat membuat Anda lebih mudah mendeteksi pengeluaran kecil yang tidak penting dan memotongnya.

Konsisten!

Yang terpenting, jangan patah semangat dalam menabung. Memang tidak mungkin mendapatkan hasil yang besar dalam waktu singkat, tetapi dengan kebiasaan menabung yang konsisten Anda dapat merasakan efeknya nanti.

 

(FOTO: DOK. IRYNA TIUMENTSEVA/SHUTTERSTOCK)

Life & health