5 Cara Mudah Meningkatkan Trombosit



  • Trombosit atau dikenal juga dengan platelet, merupakan komponen darah yang sangat penting untuk menggumpalkan darah dan mencegah darah keluar secara berlebihan saat terluka.

    Umur trombosit dalam tubuh adalah sekitar 5-9 hari. Jumlah normal trombosit dalam tubuh manusia adalah sekitar 150.000-450.000 per liter mikro darah.

    Namun saat terkena DBD, cacar air, kanker, penyakit autoimun, atau setelah persalinan, trombosit cenderung menurun. Berikut lima cara mudah untuk meningkatkan nilai trombosit dalam darah.



    Konsumsi Makanan yang Tinggi Vitamin dan Mineral

    Untuk meningkatkan trombosit, tubuh memerlukan asupan vitamin A, C, D, K dan kalsium. Saat terluka, trombosit dalam darah berkaitan dengan vitamin K, kalsium dan protein yang disebut fibrinogen untuk menghentikan pendarahan.

    Konsumsi buah dan sayuran seperti jambu, jeruk, bayam, tomat, bit, dan kubis sebagai sumber vitamin dan mineral tersebut. Selain susu untuk sumber kalsium, dapat juga mengonsumsi ikan bertulang seperti sarden dan sayuran brokoli.

    Konsumsi Makanan yang Tinggi Asam Folat dan Omega 3

    Asam folat sangat penting untuk regenerasi sel baru tubuh dan dapat ditemukan di bayam, jeruk dan kacang tanah. Omega 3 juga berperan sebagai pembentuk trombosit, sehingga saat dianjurkan mengonsumsi sumber imega 3 seperti ikan salmon dan tuna.

    Minum Air Mineral yang Cukup

    Jika penurunan trombosit disebabkan oleh demam berdarah, maka tubuh dapat menjadi dehidrasi diakibatkan oleh demma tinggi, mual dan muntah-muntah. K

    onsumsi air mineral yang cukup agar tubuh tetap terhidrasi dengan baik. Kadar air darah yang cukup juga dapat mempermudah produksi trombosit.

    Hindari Kegiatan yang Berat

    Penyakit malaria atau demam berdarah yang menyebabkan nilai trombosit turun dapat membuat tubuh menjadi lemah. Oleh karena itu, tidak dianjurkan untuk melakukan kegiatan berat yang dapat membuat tubuh menjadi capai dan mengganggu produksi trombosit.

    Istirahat yang Cukup

    Selain menghindari aktivitas yang berat, disarankan juga untuk beristirahat dan tidur dari 7-8 jam sehari untuk membantu tubuh memproduksi trombosit yang dibutuhkan.

     

    (FOTO: PRESSMASTER/SHUTTERSTOCK)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below