Life & health

Manfaat Dark Chocolate untuk Kesehatan

By : Anindita Nadya - 2016-07-19 23:38:08 Manfaat Dark Chocolate untuk Kesehatan

Dark chocolate memang sejak lama dipercaya memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Tetapi, saat mengonsumsi dark chocolate, perlu diingat juga bahwa cokelat mengandung lemak, sehingga konsumsinya harus tetap terkontrol.

Berikut adalah manfaat yang dikandung dark chocolate bagi kesehatan menurut situs kesehatan Fitday.

Baik untuk jantung Anda

Penelitian membuktikan dengan mengonsumsi sedikit dark chocolate 2-3 kali dalam seminggu dapat membantu menurunkan tekanan darah dan mencegah pengerasan arteri (arteriosklerosis).

Baik untuk otak Anda

Cokelat mengandung senyawa kimia phenylethylamine (PEA) yang meningkatkan mood dan kesehatan kognitif otak. Dark chocolate juga membantu meningkatkan aliran darah ke otak dan mengurangi risiko penyakit stroke.

Membantu mengontrol gula darah

Dark chocolate membantu menjaga kesehatan pembuluh darah dan sirkulasinya serta melindungi dari diabetes tipe 2. Dark chocolate mengandung indeks glikemik yang rendah sehingga tidak menyebabkan kenaikan drastis gula dalam darah.

Kaya akan antioksidan

Mengandung antioksidan yang dapat membantu membebaskan tubuh dari radikal bebas yang menghancurkan sel dalam tubuh. Mengonsumsi ini dengan tepat dapat memperlambat proses penuaan dan melindungi dari berbagai jenis kanker.

Mengandung theobromine

Theobromine dalam dark chocolate dapat memperkuat enamel gigi, dan tidak seperti jenis camilan lain, dapat menurunkan risiko gigi berlubang jika kita juga merawat gigi kita dengan tepat. Theobromine juga merupakan stimulan ringan dan dapat menekan batuk.

Kaya akan vitamin dan mineral

Dark chocolate mengandung sejumlah vitamin dan mineral seperti kalium, tembaga, magnesium dan besi. Kandungan vitamin dan mineral tersebut dapat mencegah stroke, penyakit kardiovaskular, anemia, diabetes tipe 2, dan tekanan darah yang tinggi.

 

(FOTO: OLENA KAMINETSKA/SHUTTERSTOCK)

Life & health