Life & health

UI Luncurkan Bus Penumpang Bertenaga Listrik

By : Karina Hikmayudi - 2016-07-20 21:55:43 UI Luncurkan Bus Penumpang Bertenaga Listrik

Universitas Indonesia baru saja meluncurkan Molina UI – EV Bus sebagai pelopor bis penumpang berkapasitas besar dan bertenaga listrik pertama di Indonesia.

Bis ini dirancang oleh Tim Mobil Listrik Nasional UI (Molina UI). Selain EV Bus, Molina UI juga mengeluarkan tiga bis lain, yaitu Makara Electric Vehicle (MEV) 01, City Car konversi (MEV) 02 dan City Car konversi (MEV) 03.

Keempat kendaraan listrik tersebut resmi diperkenalkan pada Senin, 18 Juli 2016 di Taman Engineering Center kampus UI Depok.

Bus EV merupakan bus berkapasitas 60 penumpang dengan daya motor yang dirancang untuk dapat menggantikan bus kampus UI atau Bis Kuning yang berbahan bakar solar.

City Car MEV 01 merupakan konversi kendaraan listrik dengan penerapan motor listrik Brushless Direct Current (BLDC) motor dengan kapasitas 25 kW. Sedangkan City Car MEV 02 merupakan konversi generasi kedua dari kendaraan komersial dengan menggunakan motor AC Induksi. Kendaraan ini diharapkan dapat digunakan di lingkungan kampus sebagai transportasi alternatif.

City Car MEV 03 merupakan konversi dari kendaraan komersial dengan sistem hibrid. Dengan menggunakan sistem hibrid, maka diharapkan jangkauan jarak tempuh kendaraan dapat lebih jauh.

Selain merancang kendaraan listrik, Tim Molina UI juga menciptakan sistem termal untuk pendinginan kabin dan baterai serta sistem fluida berupa aplikasi jet sintetik untuk perbaikan aerodinamika kendaraan.

Rektor UI, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met menginginkan bis listrik yang dikerjakan Tim Molina UI ini secepatnya diterapkan untuk mendukung visi UI menjadi kampus hijau.

 

(FOTO: DOK. UNIVERSITAS INDONESIA)

Life & health