Benar atau Salahkah Mitos Seputar Kecantikan ini?



  • Menurut Jessica Wu, MD, dermatologis dari USC School of Medicine, Los Angeles, nasihat ataupun informasi yang disampaikan turun-temurun tentang kulit dan kecantikan ternyata belum tentu benar. Manakah yang menjadi mitos dan bagaimanakah faktanya?

    Mitos #1: Makin tinggi SPF, makin tinggi proteksi yang diperoleh kulit = SALAH



    Jumlah SPF yang tercantum pada sunscreen hanya menunjukkan berapa lama kulit terlindung dari sinar matahari sebelum terbakar. Jika hanya bepergian keluar, cukup gunakan sunscreen dengan SPF 15 dan aplikasikan kembali setelah kurang lebih 6 jam.

     Mitos #2: Tidur pada satu sisi menyebabkan timbulnya kerutan = BENAR 

    The American Academy of Dermatology (AAD) membenarkan fakta bahwa tidur dengan satu sisi memicu timbulnya kerutan di seputar area pipi dan dagu, sementara tidur telungkup memicu kerutan pada kulit di sekitar alis. Disarankan agar Anda membiasakan tidur telentang setiap hari.

     Mitos #3: Membasuh wajah dengan air dingin dapat memperkecil pori = SALAH 

    Lebih tepatnya, membasuh wajah dengan air dingin hanya akan mengembalikan pori kulit Anda ke ukuran semula sementara. Untuk memperkecil pori kulit, perlu dilakukan proses eksfoliasi dengan produk yang mengandung alpha hydroxy acid atau salicylic acid setidaknya 1-3 kali dalam seminggu.

     Mitos #4: Kulit berminyak tidak perlu pelembap= SALAH 

    Walaupun memproduksi minyak berlebih, kulit tetap memerlukan nutrisi agar terhidrasi dengan baik. Pilih pelembap yang bertekstur ringan dan berbahan dasar air atau yang berlabel 'oil-free'.

     Mitos #5: Kulit kering memperparah tampilan keriput pada wajah = BENAR 

    Saat dalam kondisi kering, radikal bebas serta substansi eksternal negatif lainnya akan menyerang lapisan kulit. Perlahan hal ini menyebabkan kemampuan kolagen dan elastin dalam menjaga elastisitas kulit semakin berkurang, hingga timbul keriput.

     Mitos #6: Minum banyak air dapat mengatasi masalah kulit kering = SALAH 

    Karena berfungsi membersihkan racun dari sistem tubuh, cukupnya air minum bisa membantu wajah tampak bersinar, tetapi bukan membawa kelembapan pada kulit.

     

    (FOTO: SHUTTERSTOCK)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below