Tips Belanja Saat Diskon



  • Buat batasan budget

    Tentukan anggaran yang akan digunakan untuk berbelanja. Hal ini sangat berguna untuk membatasi keinginan Anda untuk menghamburkan uang. Meski sedang musim diskon, bukan berarti Anda bisa bebas menghabiskan tabungan. Pastikan Anda berpegang pada anggaran yang sudah ditetapkan.

    Buat daftar belanja



    Tak hanya memudahkan Anda menemukan barang yang diinginkan, dengan adanya daftar belanja, Anda tak akan membeli barang yang sebenarnya tak terlalu dibutuhkan. Anda pun bisa mengontrol keuangan yang ada.

    Bandingkan harga

    Agar tidak tertipu, cek ke beberapa tempat berbeda (jika mereka punya barang yang serupa), lalu bandingkan harganya. Kadang, barang yang memiliki label diskon belum tentu lebih murah dibanding harga aslinya.

    Gunakan pembayaran tunai

    Hindari penggunaan kartu kredit karena Anda tak akan melihat besarnya jumlah pengeluaran secara "nyata". Saat uang tunai habis, maka Anda tahu kapan harus berhenti.

    Teliti memilih barang

    Pastikan Anda memeriksa kondisi barang yang ingin dibeli dan jangan memaksakan ukuran jika memang tidak tersedia. Kadang Anda rela membeli ukuran atau kondisi barang yang tak sesuai hanya karena harganya yang murah. Percayalah, Anda akan menyesal nanti.

     

    (FOTO: ARIWASABI/SHUTTERSTOCK)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below