Tips Aman Mudik di Jalan



  • Cek kendaraan yang akan digunakan

    Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan semua bagian mobil bekerja sempurna. Pastikan Anda telah memeriksa fungsi rem, tekanan ban serta kondisinya agar tidak tergelincir. Teliti lagi kondisi lampu kendaraan, apakah bekerja maksimal di malam hari. Demi keselamatan, Anda perlu membawa perlengkapan seperti dongkrak, ban serep, serta jumper.

    Membawa obat-obatan yang diperlukan



    Perjalanan mudik biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama. Selain menyediakan makanan dan minuman selama perjalanan, Anda juga perlu membawa obat-obatan standar seperti obat demam, pusing, sakit perut, sakit obat luar, hingga plester. Jika Anda atau anggota keluarga lain memiliki obat khusus, pastikan Anda tidak lupa membawanya.

    Menyiapkan fisik

    Alangkah baiknya jika Anda tidak berkendara sendiri. Buat peraturan dengan mengganti pengemudi setiap 5 jam sekali. Sebagian besar kecelakaan biasanya terjadi karena pengemudi yang mengantuk. Jika Anda merasa sudah mengantuk, jangan paksakan diri. Berhenti sejenak di rest area sebelum melanjutkan perjalanan.

    Menaati rambu lalu lintas

    Meski Anda ingin sampai di tempat tujuan dengan cepat, tentunya Anda lebih ingin sampai dengan selamat, bukan? Jalanan biasanya lebih padar saat libur hari raya, maka gunakan jalan sebaik mungkin dan taati peraturan yang ada. Pastikan juga Anda dan keluarga menggunakan sabuk pengaman selama perjalanan.

     

    (FOTO: ZURIJETA/SHUTTERSTOCK)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below