Langkah Tepat Dapatkan Vagina yang Sehat



  • Pastikan pasangan mengganti kondom saat mengubah posisi bercinta dari oral ke vaginal sex (atau sebaliknya). Langkah ini dapat menghindari Anda dari bakteri yang akan masuk ke organ intim.

    Hindari pemakaian celana yang terlalu ketat. Pakaian jenis ini hanya akan membuat area intim jadi lebih lembab sehingga lebih rawan akan infeksi jamur.

    Cuci dengan hati-hati. Saat mandi, bersihkan vulva Anda menggunakan sabun yang lembut. Tak perlu khawatir, area vagina Anda bisa membersihkan bagiannya sendiri. Hindari juga menyemprotkan air atau cairan lain secara langsung ke dalam vagina. Hal ini bisa mengurangi level pH sehingga membuat Anda rentan akan infeksi jamur.



    Lakukan diet yang aman bagi vagina. Konsumsi lebih banyak makanan yang tinggi akan vitamin A seperti tahu, soya, dan flaxseed untuk menghindari vagina yang terlalu kering. Yoghurt juga bisa menjadi pilihan tepat karena memiliki lactobacillus yang mampu menunda infeksi kandung kemih.

    Buang air kecil setelah bercinta. Ini merupakan cara terbaik untuk menghindari UTI (infeksi di saluran kemih) karena mampu membuang bakteri yang ada.

    Lakukan check-up rutin ke dokter untuk pemeriksaan Pap smearsaat Anda berusia 21 tahun atau telah aktif secara seksual. Pemeriksaan ini biasanya dilakukan satu kali setiap tiga tahun hingga menginjak usia 65 tahun.

    Hindari penggunaan panty liner. Meski fungsinya yang cukup membantu, menggunakan panty liner terlalu lama hanya akan mengunci keputihan Anda dalam satu tempat hingga melembapkan area vagina. Bukan tak mungkin Anda akan terkena infeksi jamur akibat hal ini.

     

    (FOTO: VISIVASTUDIO / SHUTTERSTOCK)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below