Etika Traveling: Penting Dibaca Sebelum Pergi Liburan



  • Seiring dengan maraknya tren bepergian ke lokasi-lokasi yang belum terjamah oleh orang banyak di Indonesia, semakin besar pula kemungkinan terjadinya kerusakan lingkungan, baik secara sengaja maupun tidak.

    Jaka Setia, Communications Manager di The Nature Conservancy (TNC), menjabarkan fakta tentang wisata domestik dan etika travelingyang mungkin belum Anda tahu:

    1. Kabupaten Berau yang terkenal dengan Kepulauan Derawan dan gugus Karst Sangkulirang Mangkalihat, Kepulauan Wakatobi, Kepulauan Raja Ampat, dan gugus Kepulauan Sunda Kecil, merupakan kawasan-kawasan di Indonesia yang tadinya terpencil, kini mulai merasakan dampak kerusakan lingkungan akibat tingkah laku tak bertanggung jawab para wisatawan domestik maupun mancanegara.



    2. Membuang sampah plastik sembarangan, berpijak pada terumbu karang saat snorkeling, atau mencoret-coret tebing kapur adalah beberapa tindakan yang tidak boleh dilakukan karena akan berdampak negatif terhadap lingkungan.

    Contohnya ekosistem Danau Kakaban di Kepulauan Derawan, habitat beberapa spesies ubur-ubur tidak menyengat yang langka. Tidak banyak turis yang tahu bahwa mereka tidak boleh mengenakan tabir surya atau terpapar air laut sebelum berenang di danau ini karena zat asing dapat membahayakan kelestarian ekosistem Danau Kakaban yang unik.

     

    (FOTO: SURKOV VLADIMIR/SHUTTERSTOCK)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Marsha Timothy April 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below