Food & travel

Cara Hitchhiking Saat Liburan

By : Andhini Puteri Lestari - 2016-04-13 04:38:55 Cara Hitchhiking Saat Liburan

Pernah dengan tentang hitchhiking? Yes, traveling lintas kota dengan cara menumpang kendaraan orang asing, hanya bermodalkan... jempol! Terdengar mengerikan bagi para perempuan memang, berdiri di tepi jalan, mengacungkan jempol dengan harapan ada orang yang akan "mengangkut" Anda. Tapi, jika Anda mengaku traveler sejati, sekali seumur hidup Anda harus mencobanya, dan biasanya Anda b isa melakukan ini saat melakukan perjalanan lintas kota di luar negeri karena di Indonesia hal ini masih jarang dilakukan. Sejumlah tip berikut mungkin bisa membantu!

1. Kumpulkan nyali.

Ini hal pertama yang harus Anda lakukan. Meski sudah bisa dipastikan akan banyak sekali yang berkata bahwa hitchhike berbahaya bagi solo traveler perempuan, tapi sebenarnya ini bukan hal yang tak mungkin dilakukan. Anda tinggal mengumpulkan keberanian, berpenampilan seolah Anda perempuan yang tangguh dan bisa menjaga diri, lalu pilihlah mobil dengan orang yang terlihat tidak berbahaya dan tanyakan alasan ia mau memperbolehkan Anda naik ke mobilnya.

2. Selalu sediakan bekal untuk perjalanan.

Percayalah, akan ada banyak orang berusaha menawarkan Anda makanan selama berada di perjalanan. Untuk berjaga-jaga, sebaiknya selalu sediakan makanan, paling tidak air putih dan buah-buahan di dalam tas Anda. Jika ia bersikeras menawarkan Anda makan, katakan, "Oh tidak terima kasih, saya sudah naik 10kg selama liburan ini, lagipula saya belum lapar."

3. Kenakan cincin.

Meski Anda masih lajang, kenakan cincin di jari manis Anda, tujuannya untuk mengelabui bila ada yang berusaha mendekati Anda. Ceritakan dengan sangat meyakinkan bahwa suami Anda sedang menunggu kedatangan Anda.

4. Jangan panik.

Ya, apapun yang terjadi jangan panik. Jika Anda tidak beruntung, ada saja yang berusaha memegang-megang Anda atau bersikap touchy pada Anda. Jika ini terjadi pada Anda, jangan langsung panik dan terburu-buru keluar mobil, ini akan membuatnya jadi makin agresif. Sebaiknya, berusahalah untuk tetap tenang dan minta ia menepikan mobilnya agar Anda bisa turun.

5. Minta uang? Katakan tidak!

Di sejumlah negara, ada saja yang meminta uang saat Anda menumpang mereka, jadi pastikan dulu sebelum naik bahwa itu adalah free ride jadi jika di perjalanan ia tetap meminta uang, mintalah untuk turun dengan sopan, dan tunggu saja untuk ride berikutnya.

(FOTO: MARIDAV/SHUTTERSTOCK)

Food & travel