Cara Mengatur Keuangan dengan Pasangan



  • 1. Kumpulkan "informasi" dengan mengobservasi perilaku pasangan

    Apakah kebiasaan belanjanya lebih hati-hati atau liberal? Pengamatan ini bisa jadi akan memberikan indikasi awal atas kecocokan Anda berdua sebagai pasangan. Berdasarkan pengamatan ini pula, Anda dapat mengasah isu-isu spesifik yang ingin Anda bicarakan dengannya.

    2. Jadilah kooperatif saat Anda berdiskusi

    Istilahnya, jangan kagetkan pasangan dengan suatu isu keuangan cukup hebat dan mengharapkan ia menjawab Anda saat itu juga. Mulailah dengan mengatakan sesuatu seperti, "Sepertinya aku sudah memikirkan beberapa hal menyangkut keadaan finansialku saat ini, juga ke depannya nanti. Kira-kira, adakah sesuatu yang dapat kita diskusikan untuk ke depannya?" Anda juga tak perlu membahas tentang hal tersebut saat itu juga, kedua belah pihak dapat mengambil waktu yang dibutuhkan untuk memikirkan isu-isu yang ada.

    3. Gunakan keterampilan berkomunikasi yang efektif

    Misalnya, jika Anda tak setuju dengan keputusan finansial yang ia buat, hindari menghakiminya dengan mengatakan, "Kok, bisa kamu melakukan hal seperti itu?". Sebaliknya, minta ia membuat Anda mengerti dengan cara tidak menghakimi dan supportive, dengan mengatakan, "Bantu aku memahami bagaimana utang ini bisa terakumulasi."

     

    (FOTO: SYDA PRODUCTIONS / SHUTTERSTOCK)

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles