Food & travel

5 Kegiatan Menarik di Kota Tua

By : Andhini Puteri Lestari - 2016-04-11 07:15:14 5 Kegiatan Menarik di Kota Tua

Jika Anda mampir ke Kawasan Kota Tua di Jakarta, ada banyak tempat dan kegiatan seru yang bisa Anda lakukan, seperti berikut ini:

1. Berkeliling museum.

Ada banyak museum dengan harga tiket masuk di bawah sepuluh ribu rupiah di area ini, jadi tak ada salahnya untuk berkeliling, mulai dari Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta (Anda akan disuguhkan dengan berbagai koleksi yang menceritakan sejarah Jakarta), Museum Wayang (ada 4.000 koleksi wayang di sini, termasuk boneka tangan Si Unyil yang asli), hingga Museum Seni Rupa dan Keramik.

2. Menonton boneka tali/ marionette.

Menjelang sore, melipirlah ke sisi kiri pelataran Museum Fatahillah, karena Anda bisa menonton sebuah pertunjukan boneka tali yang dimainkan oleh seniman tua berambut putih bernama Pak Pak Mochtar.  Boneka-boneka tali ini akan digerakkan oleh Mochtar dan berjoget sesuai irama musik seperti sedang konser sungguhan. 

3. Jajan jagung bakar.

Semakin malam, semakin ramai pula tukang-tukang jajanan yang menjajakan berbagai macam camilan menarik, salah satunya adalah jagung bakar. Sekali-sekali,pesanlah jagung bakar dan berbaurlah bersama masyarakat umum dengan duduk di atas terpal lesehan sambil menikmati keramaian Jakarta yang sesungguhnya.

4. Berfoto bersama "penghuni" Kota Tua.

Jangan kaget karena Anda akan menemui banyak hantu-hantu di alun-alun Kota Tua ini. "Hantu-hantu" berwujud kuntilanak, pocong, hingga tokoh-tokoh lain seperti tokoh pewayangan, Gundam, Doraemon akan menyebar di sini, Anda bisa berfoto bersama mereka dan memberikan uang di dalam ember yang disediakan. 

5. Ngopi santai di kafe.

Salah satu kegiatan favorit jika Anda cukup malas bergerak dan berkeliling. Ada sejumlah tempat ngopi yang menyenangkan selain Cafe Batavia yang harga menunya cukup mahal bagi masyarakat lokal. Anda bisa mampir ke Historia atau Bangi Kopitiam yang menyuguhkan hiburan live music dari band lawas, kedua tempat ini punya suasana yang supernyaman dan menghadirkan nuansa era dulu lewat interior yang classy

 

(FOTO: NICKY TARTO)

Food & travel