Perlukah Lakukan Konseling Pernikahan?



  • Semua orang tahu, menjalani pernikahan dan menjaga agar hubungan tersebut tetap langgeng bukanlah hal mudah. Jadi, bagaimana Anda tahu saat hubungan pernikahan Anda berada dalam masa-masa sulit atau lebih parah lagi, saat ia berada di ambang kehancuran? Simak tanda-tanda berikut ini.

    1. Anda tak pernah lagi berkomunikasi

    Di saat salah satu atau kedua belah pihak merasa kesulitan atau bahkan takut untuk mulai mendiskusikan berbagai masalah, dimulai dari seks, keuangan, atau sekadar kebiasaan-kebiasaan pasangan yang annoying, maka ada baiknya bila Anda mulai mencari bantuan terapis profesional. Martin Novell, seorang terapis pernikahan dan keluarga yang berbasis di Los Angeles, AS, mengatakan bahwa tugas terapis adalah membantu pasangan untuk menyelesaikan masalah dan betul-betul memahami hal-hal yang mereka diskusikan.

    2. Kehidupan seks Anda tak menentu

    Kebanyakan orang tahu bahwa kurangnya intimasi alias frekuensi bercinta antara suatu pasangan merupakan tanda hubungan tersebut tengah bermasalah. Tapi jangan salah, meningkatnya kehidupan seks secara drastis juga bisa menjadi tanda ada yang tidak beres dalam hubungan. Menurut Valerie Jencks, founder dan executive editor di Prairie Family Therapy di Chicago, AS, "Jika biasanya Anda tak bercinta secara reguler atau memiliki passionate sex dan pasangan mendadak jadi lebih romantis (tak seperti biasanya) dan ingin mencoba berbagai hal baru bersama Anda, yang belum tentu berasal dari hubungannya bersama Anda."

    3. Anda tak bisa melepaskan masa lalu

    Silvia M. Dutchevici, founder dan president Critical Therapy Center di New York, AS, menyarankan untuk mulai meminta bantuan profesional jika salah satu pihak pernah mengalami suatu peristiwa traumatis dalam hidupnya, seperti kehilangan anak atau perselingkuhan yang tak bisa benar-benar dimaafkan atau dilupakan oleh pasangan.

    4. Anda bertengkar karena hal yang sama berulang kali

    Ketika masalah yang sama terus diperdebatkan berulang kali tanpa menemukan jalan keluarnya, berarti pasangan ini berada pada 'jalan buntu'," terang Julie Gurner, psikolog. Dengan mendapatkan bantuan terapis lebih awal, maka hubungan Anda akan "terselamatkan" lebih awal pula.

    5. Anda masih mencintai suami Anda

    Jika Anda masih mencintai suami Anda dan ingin memperbaiki keadaan, namun belum berhasil, maka sudah saatnya mencari bantuan terapis. "Jadilah pasangan proaktif yang bertekad kuat untuk menyelesaikan masalah sebelum masalah ini merusak Anda berdua dan membuat Anda saling membenci," kata Dr. Gurner.

     

    (FOTO: WAVE BREAK MEDIA/SHUTTERSTOCK)

  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles