Life & health

Penyebab Anda Sering Kesemutan

By : Kiki Riama Priskila - 2016-03-24 04:31:56 Penyebab Anda Sering Kesemutan

Jika Anda duduk atau tidur dengan posisi yang salah terlalu lama biasanya lama-kelamaan akan merasa kesemutan. Sebenarnya, apa yang menyebabkan kita merasa kesemutan? Kesemutan atau istilah medisnya parestesia bisa terjadi karena dua kemungkinan, yaitu penyebab kesemutan sementara dan penyebab kesemutan berkepanjangan.

Penyebab sementara terjadi karena pasokan darah ke saraf di area yang tertekan menjadi terhambat. Karena sifatnya yang sementara, kondisi seperti ini bisa mereda dengan sendirinya setelah Anda membebaskan area tersebut dari tekanan. Dengan begitu, aliran darah pun akan langsung kembali lancar. Penyebab lainnya juga bisa disebabkan karena dehidrasi dan hiperventilasi atau kondisi dimana Anda bernapas terlalu cepat. Bagi Anda yang kerap mengalami stres, Anda tergolong cukup rentan mengalami kesemutan.

Lain lagi dengan penyebab berkepanjangan yang biasanya berhubungan dengan kondisi kesehatan seperti diabetes, gangguan ginjal, stroke, tumor otak, kanker, hingga tingkat hormon yang tidak seimbang. Dengan mengonsumsi obat-obatan seperti kemoterapi atau antibiotik juga bisa membuat Anda rentan mengalami kesemutan. Faktor lain yang bisa menyebabkan kesemutan adalah malanutrisi dimana tubuh Anda kekurangan nutrisi penting karena pola makan yang tidak baik dan terlalu sering meminum alkohol.

Terlalu sering mengalami kesemutan?

Pastikan Anda memeriksakannya ke dokter. Anda beberapa tes yang perlu dilakukan seperti tes darah, elektromiogram, pemeriksaan cairan serebrospinal, tes konduksi saraf, MRI, dan biopsi saraf.

 

(FOTO: PIOTR MARCINSKI/SHUTTERSTOCK)

Life & health