Hair & beauty

Temukan 5 Solusi Masalah Kulit Karena Olahraga

By : Putri Arifa Malik - 2016-03-22 10:54:00 Temukan 5 Solusi Masalah Kulit Karena Olahraga

Masalah: Breakout

Akumulasi keringat, minyak, dan kotoran bisa menyebabkan breakout terutama di area kulit wajah, punggung dan dada. Terkadang timbul juga folliculitis yaitu infeksi pada hair follicle yang disebabkan oleh masalah tersebut.

Solusi

Hindari mengenakan riasan saat berolahraga dan gunakan cleansing wipes atau pembersih makeup setelahnya. Jangan biarkan kotoran, minyak, dan keringat mengendap di kulit Anda.

Masalah: Bacne atau Back Acne

Anda tidak mengenakan pakaian yang tepat untuk berolahraga. Beberapa bahan pakaian menjadi basah dan berat akibat keringat dan merangsang pertumbuhan jerawat di punggung.

Solusi

Kenakan pakaian dengan bahan yang breathable. Hal ini akan membantu sirkulasi udara di bagian punggung sehingga keringat tidak mengendap dan masuk ke pori.

Masalah: Sun Damage

Tak perduli apakah Anda berada di dalam atau luar ruangan, kulit tetap terekspos sinar matahari. Berlari di atas treadmill di sebelah jendela tak menutup kemungkinan kerusakan kulit akibat sinar matahari.

Solusi

Aplikasi sun block dengan formula yang diciptakan khusus untuk berolahraga bisa menjadi solusinya. Berbagai tekstur pun kini tersedia, mulai dari gel, spray hingga krim yang melembapkan.

Masalah: Chaffing

Iritasi dan kulit pecah-pecah biasanya disebabkan oleh mengelap keringat dengan gerakan menggosok yang terlalu intens.

Solusi

Pilih bahan handuk yang terasa lembut di kulit. Jika chaffing skin sudah terjadi, sebaiknya gunakan pelembap atau petroleum jelly untuk mengobatinya.

Masalah: Wrinkles

Kebanyakan orang khawatir gerakan olahraga yang terlalu intens dapat merusak kolagen dan menyebabkan kulit tampak saggy.

Solusi

Jika Anda khawatir akan hal ini, gunakan pakaian olahraga yang memeluk tubuh secara maksimal untuk meminimalisir getaran berlebihan pada kulit.

 

(FOTO: DOK. IMAXTREE.COM)

Hair & beauty