5 Soto Enak di Jakarta



  • 1. Sroto Eling-Eling

    Banyak yang sering menanyakan perbedaan soto dengan sroto, sebenarnya keduanya sama saja, hanya saja di Banyumas, nama sroto memang lebih beken dari soto. Soto versi Banyumas ini juga hadir di Tebet, dan sroto yang disajikan di sini tepatnya adalah sroto Sokaraja. Sroto berkuah bening ini terasa sangat gurih dan nikmat bahkan tanpa ditemani nasi. Rahasianya ada pada kacang tanah tumbuk sebagai campuran soto. Sroto Campur berisi campuran daging dan ayam ditambah remukan kerupuk merah dan taoge berpadu sempurna di lidah.

    Alamat: Jl. Tebet Utara I No. 48C



    2. Soto Mie Bogor Asli Pak Kadir

    Soto mie satu ini sebenarnya tak berbeda dengan soto mie biasa, berisi irisan daging, potongan kentang, lobak rebus, risoles, tomat segar, plus taburan daun bawang goreng dan seledri. Ada pula emping melinjo goreng dan jeruk nipis sebagai penyegar rasa. Namun rahasia kenikmatan soto mie satu ini ada pada kuahnya. Bumbu kuahnya merupakan hasil adonan beragam rempah-rempah tradisional, seperti lengkuas, jahe, kemiri, bawang merah, bawang putih, udang kering atau ebi, serta biji buah pala yang membuat soto mie ini terasa sangat gurih dan tasty. Tempatnya sangat ramai, namun berkat kegesitan pegawainya, Anda tak akan menunggu lama untuk semangkuk soto mie di hadapan Anda.

    Alamat: Jl. Boulevard Hijau, Harapan Indah, Bekasi Barat

    3. Soto Betawi Haji Husein

    Jika Anda berniat mencicipi salah satu Soto Betawi terenak di Jakarta, datanglah ke kedai soto yang berlokasi di dekat Martabak AA ini. Dan sebaiknya, datanglah sebelum sore jika tidak ingin kehabisan. Potongan daging, usus, paru, dan babatnya bertaburan memenuhi seluruh mangkuk, topping di sini memang cukup royal. Kuahnya dibuat dari air kaldu berpadu aneka rempah, dan ditambahkan santan. Harganya pun  cukup murah, masih di bawah Rp20.000.

    Alamat: Jl. Padang Panjang No. 6B - 6C, Manggarai, tel: 021 83706476

    4. Soto Padang H.Bang Karto

    Mampir ke daerah Tenabang (Tanah Abang) tak akan lengkap jika belum mencicipi soto padang satu ini. Kedai ini berada persis disamping pintu keluar rumah susun Tanah Abang, dan meski kecil dan sederhana, antrean mobil yang ada di depannya adalah mobil-mobil mewah. Tak heran karena soto padang satu ini mempunya cita rasa yang sangat khas, karena merupakan cabang asli dari Soto Padang H.Bang Karto di Bukittinggi. Soto berkuah asam manis dengan daging sapi yang diiris tipis, plus mi putih dan kentang serta taburan bawang goreng, seledri, dan kerupuk merahnya tak ada lawan. Cicipi juga Mie Tahu khas Padang di sini.

    Alamat: Jl. KH Mas Mansur. Kom. Rumah Susun Tanah Abang.

    5. Soto Ceker dan Ranjau Pak Gendut

    Para penggemar ceker pasti tahu tempat ini. Soto ceker ini sangat tasty dan kuah sotonya khas bumbu Madura, lengkap dengan taburan koya. Sedangkan "ranjau" di sini bukanlah cabai rawit seperti penggunaan kata ranjau di tempat makan lain melainkan sari dari tulang-tulang ayam plus tulang lunak ayam yang superlezat.

    Alamat: Jl. H. Agus Salim (Sabang) Depan RS Purnama, tel: 021-3107189.

     

    (FOTO: ADAM LEE01/SHUTTERSTOCK)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below