Cara Kembalikan Spark Dalam Hubungan



  • Pingkan C.B. Rumondor, S.Psi., M.Psi., Psikolog, memberikan sejumlah tip bagi Anda yang tengah mengalami relationship funk dan ingin merevitalisasi hubungan Anda:

    1. Ingat kembali awal hubungan Anda. Renungkan kualitas yang membuat Anda tertarik pertama kali dengan pasangan, dan fokuslah pada hal tersebut. Saat kualitas tersebut tampil, sampaikan apresiasi kepada pasangan.

    2. Hal-hal apakah yang dulu sering Anda lakukan saat PDKT, membuat Anda tambah dekat, dan memutuskan untuk menjalin hubungan? Lakukanlah kembali kegiatan-kegiatan tersebut.

    3. Evaluasi pola-pola dalam hubungan Anda. Jika menemukan pola kekerasan fisik maupun emosional, atau tanda-tanda toxic relationship, ada baiknya untuk mencari bantuan psikologis.

    4. Saling mencoba hobi. Contoh: pasangan senang main basket, Anda senang membaca. Carilah waktu untuk main basket bersama (tanding one on one juga seru, lho!), kemudian adakan diskusi tentang buku yang Anda baca bersama.

    5. Lakukan kegiatan baru yang memacu adrenalin. Saat Anda bersemangat bersama-sama dengan pasangan, Anda akan merasa seolah "jatuh hati" kembali ke pasangan. Seringkali seseorang mengatribusikan perasaan semangat atau "deg-degan" yang dirasakan sebagai tanda tertarik dengan orang yang ada di dekatnya.

     

    (FOTO: JACK FROG/SHUTTERSTOCK)