6 Cara Mudah Mengatur Gaji Bulanan



  • Mengatur gaji bulanan memang gampang-gampang susah. Kadang kita seakan dipaksa harus memilih untuk mengutamakan tanggung jawab atau kesenangan. Namun kini, Anda tak perlu lagi pusing memilih. Simak cara jitu mengelola gaji bulanan dengan bijak.

    Buat anggaran bulanan

    Ciptakan daftar pengeluaran bulanan Anda ke dalam dua bagian, yakni kebutuhan primer seperti makanan, ongkos transportasi, tagihan listrik, cicilan rumah atau kendaraan; dan kebutuhan tertier seperti anggaran belanja, liburan, bahkan dinner bersama kerabat.



    Sisihkan tabungan

    Biasakan untuk menyisihkan gaji Anda untuk tabungan sebelum menghabiskannya untuk keperluan harian. Tentu hal ini akan berguna untuk menekan pengeluaran yang tidak penting.

    Langsung bayar tagihan

    Hal yang pertama harus dilakukan saat menerima gaji adalah membayar semua tagihan. Jika Anda terus menundanya, bisa saja Anda “tak sengaja” menggunakannya untuk keperluan lain.

    Buat laporan harian

    Simpan struk belanjaan (sekecil apa pun) dan catat semua pengeluaran Anda setiap hari. Hal ini akan membantu Anda untuk mengawasi kemana saja uang yang telah digunakan. Selain itu, Anda bisa melihat apa yang sebenarnya tidak penting untuk dibeli di kemudian hari.

    Buat dua rekening bank atau lebih

    Gunakan satu rekening untuk keperluan harian seperti menerima gaji, bayar tagihan hingga berbelanja. Biarkan rekening lain dikhususkan untuk menabung. Tetapkan jumlah minimal berapa persen yang harus Anda tabung dari uang bulanan. Tak perlu menabung dalam jumlah banyak, minimal 500 ribu tiap bulan pasti akan membantu Anda.

    Bandingkan anggaran pengeluaran dan pemasukan

    Bisa dibilang hal ini adalah hal wajib yang harus dilakukan agar Anda mengetahui seberapa besar pengeluaran yang telah dilakukan dan apakah pengeluaran tersebut seimbang dengan pemasukan Anda. Jika anggaran pengeluaran lebih besar, Anda bisa mencari solusi tepat untuk mengatasinya.

     

    (TEKS: IGOR.STEVANOVIC/SHUTTERSTOCK)



 

Related Articles

Rahasia Mengatur Uang Bulanan

Rahasia Mengatur Uang Bulanan

oleh Kiki Riama Priskila

5 Langkah Mengatur Bujet Bulanan

5 Langkah Mengatur Bujet Bulanan

oleh Anggita Dwinda

Cara Mudah Menabung Bulanan

Cara Mudah Menabung Bulanan

oleh Anindita Nadya

Advertisement - Continue Reading Below