Liburan Sambil Berburu Ikan Paus di Lembata, NTT



  • Pulau indah yang terletak di gugusan Kepulauan Solor, Nusa Tenggara Timur ini terdiri dari pesisir pantai, perbukitan, dan gunung berapi. Cukup banyak obyek wisata dan kegiatan seru yang bisa ditemui di sini, salah satunya adalah berburu ikan paus di Lamalera, tiga jam dari Jontona. Perburuan ikan paus secara tradisional ini merupakan warisan tradisi berusia ratusan tahun dan biasanya dilakukan di bulan April atau Mei, saat kawanan ikan paus melintasi perairan di situ.

    Ritualnya diawali dengan Misa Leva, berdoa memohon keselamatan karena ini merupakan sebuah pertarungan antara hidup dan mati. Ikan paus yang berhasil ditangkap akan dibagikan pada penduduk desa. Besar kecilnya tergantung dari keterlibatan mereka dalam prosesnya. Momen ini menjadi momen langka karena tak bisa ditebak kapan ikan paus ini melewati daerah buruan.

    Untuk berburu, para nelayan pemberani yang disebut juga Lamafa hanya menggunakan sarana sederhana, seperti Paledang (perahu kayu yang muat untuk 10 orang), kafe (tempuling, tomak yang terbuat dari bambu dengan kait besi di ujungnya),serta tali. Khusus untuk rombongan wisatawan, jika lautnya sedang tenang, para Lamafa  bersedia memperagakan momen ini, dan para wisatawan bisa menyewa perahu ke tengah laut untuk menyaksikan cara mereka menaklukkan ikan paus itu.



     

    (TEKS: SARI NARULITA / FOTO: HARRI DARYANTO)



    0


    0


    0



  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below