4 Hal yang Perlu Anda Pikirkan Sebelum Menjawab "I do"



  • Saat sang kekasih melamar Anda tentu hal tersebut adalah momen yang sangat membahagiakan. Namun, sebelum Anda berkata “I do” pikir matang-matang dan pertimbangkan sebaik mungkin agar Anda tak salah mengambil keputusan.

    1.  Pahami Masa Lalunya

    Tak semua orang memiliki masa lalu yang baik, terkadang masa lalu yang kelam turut menimpa mereka. Namun belum tentu Anda sebagai pasangan dapat menerima dengan baik tentang masa lalunya. Sebelum Anda menikah, cari tahu masa lalu pasangan Anda dan alasan mereka melakukan hal tersebut. Dengan begitu Anda akan dapat lebih mempersiapkan diri agar tidak ada konflik saat Anda menjalani pernikahan dengan pasangan.



    2. Kenali Keluarga dan Teman Dekatnya

    Menikah dengan pasangan berarti Anda juga akan lebih dekat dan berhubungan dengan keluarga serta teman-temannya. Usia pacaran yang sebentar tentu seringkali membuat Anda tak langsung cocok dengan mereka. Oleh karena itu, Anda harus benar-benar memperkenalkan diri pada keluarga dan juga teman dekatnya begitu juga sebaliknya, pasangan Anda pun harus memperkenalkan diri sebaik mungkin kepada keluarga dan teman dekat Anda,

    3.    Tahu Kondisi Keuangannya

    Tidak bermaksud materialistis, namun kondisi keuangan tentu sangat mempengaruhi banyak aspek agar semua dapat berjalan sebagaimana dengan seharusnya dan tidak lebih besar pasak dari pada tiang. Oleh sebab itu, maka ketahui berapa pendapatan calon suami Anda, apakah punya hutang atau tidak? dan jika semua sudah jelas tentu Anda dapat merencanakan keuangan Anda berdua.

    4. Pahami Pergaulannya

    Pergaulan seseorang mempengaruhi kepribadian seseorang. Jika Anda sudah mengetahui bagaimana caranya bergaul, maka Anda juga akan mengetahui bagaimana kepribadian yang sebenarnya dari pacar atau calon suami Anda.

    Jika keempat hal tersebut sudah cocok dan sudah bisa kamu antisipasi, silakan saja memutuskan untuk menikah. Tapi jika kamu belum siap dengan semua risikonya, sebaiknya komunikasikan hal ini dengan pasangan.

     

    (TEKS: NABILA MECADINISA / FOTO: DOK. SHUTTERSTOCK)




 
Advertisement - Continue Reading Below