Hair & beauty

Kenali Cara Scrub Kulit yang Benar

By : Kiki Riama Priskila - 2016-02-16 09:50:27 Kenali Cara Scrub Kulit yang Benar

Banyak cara untuk menjaga kulit wajah agar tetap sehat. Salah satunya cara adalah eksfoliasi kulit dengan menggunakan scrub. Namun, apakah cara yang selama ini Anda lakukan sudah benar?

Eksfoliasi merupakan proses pengangkatan sel kulit mati pada permukaan wajah untuk membebaskan pori-pori dari sumbatan kotoran dan debu yang menumpuk sehingga kulit akan beregenerasi dan menghasilkan kulit yang lebih halus, cerah dan sehat.

Metodenya bisa berbagai macam. Mulai dari chemical peeling, mikrodermabrasi dan yang bisa Anda lakukan di rumah adalah scrubbing. Namun, meskipun dapat dilakukan di rumah, bukan berarti Anda dapat melakukannya setiap hari.

Lakukan scrubbing secara rutin

Untuk kulit normal cenderung kering, scrubbing dapat dilakukan maksimal dua kali satu minggu, namun untuk jenis kulit berminyak Anda dapat melakukan tiga kali dalam satu minggu.

Pilih formula produk yang tepat

Jika Anda memiliki kulit normal cenderung kering, pilih formula scrub yang mengandung tingkat moisturizer yang tinggi dengan kandungan enzim dan acid. Namun jika kondisi kulit Anda berminyak dan berjerawat, disarankan untuk menggunakan scrub dengan kandungan salicylic acid karena bahan tersebut dapat membersihkan kulit secara mendalam sehingga membebaskan pori-pori dari sumbatan kotoran dan debu. Namun perlu diingat jika kondisi kulit dalam keadaan jerawat meradang, hindari penggunaan scrub terlebih dahulu hingga kondisi kulit kembali normal.

Gula merupakan bahan alami yang aman untuk eklsfoliasi kulit

Salah satu bahan alami yang baik untuk mengeksfoliasi kulit Anda adalah gula. Gula kaya akan kandungan alami glycolic acid yang mampu merangsang sel kulit baru dan mencegah penumpukan sel kulit mati pada kulit. Butiran gula yang seperti kristal sangat aman untuk kulit yang tipis seperti pada area bibir, dan sekitar mata. Untuk hasil yang maksimal, Anda dapat mencampurkan gula dengan minyak alami favorit seperti minyak zaitun, minyak kelapa dan almond.

 

(TEKS: NABILA MECADINISA / FOTO: SHUTTERSTOCK)

Hair & beauty