Pahami Tingkat pH Kulit Anda


  • Pahami Tingkat pH Kulit Anda
    Foto: SHUTTERSTOCK

    Apa itu pH?

    pH merupakan singkatan dari potential hydrogen dan pH level berarti tingkat keasaman atau kealkalian pada zat tertentu. Skala pH dimulai dari 0 hingga 14, di mana 0 memiliki tingkat keasaman tertinggi dan 14 memiliki kealkalian tertinggi.


    Bagaimana tingkat pH mempengaruhi keadaan kulit?

    Kulit memiliki lapisan pelindung alami yang disebut acid mantle yang terbuat dari minyak dan keringat. Lapisan ini memiliki tingkat pH mulai dari 4 hingga 5,5 yang berfungsi sebagai anti oksidan alami, melindungi lapisan dalam kulit dari oksidasi, menyeimbangkan tingkat kelembapan, mencegah perkembangan bakteri dan menjaga kekencangan kulit. Apabila tingkat pH mencapai titik seimbang, kulit akan tampak sehat, segar dan bercahaya. Kebanyakan masalah seperti kulit kering, kusam, terkelupas, iritasi dan jerawat terjadi ketika tingkat pH tidak seimbang. Hal ini bisa terjadi jika produk yang digunakan tidak diformulasikan dengan tingkat pH tepat.




    Kulit membutuhkan tingkat keasaman lebih.

    Dalam keadaan normal, kondisi acidic pada kulit menjaga fungsi lapisan pelindung agar dapat bekerja secara optimal. Ada dua hal yang dapat mengganggu tingkat keasaman alami. Pertama, sabun dengan tingkat alkalin tinggi. Temukan sabun dengan kandungan seimbang antara alkalin dan deterjen sebagai solusinya. Kedua, proses penuaan juga turut menjadi factor yang mengganggu tingkat keasaman kulit. Pilih pelembap dengan kandungan alpha hydroxyl acids untuk menjaga tingkat pH pada kulit.


    Bagaimana cara mengetahui apabila tingkat pH kulit tidak seimbang?

    Perhatikan kondisi kulit. Jika terasa kering dan sensitif, bisa jadi kondisi pH sedang tinggi atau tingkat alkali terlalu tinggi. Coba ingat lagi apakah Anda sedang menggunakan produk dengan tingkat pH yang tinggi? Jika ya, segera ganti produk perawatan dengan level pH lebih rendah. Saat kulit terasa berminyak dan mudah berjerawat, mungkin Anda sedang menggunakan produk dengan tingkat keasaman tinggi atau level pH rendah. Formula seperti alpha hydroxy acid memang bagus untuk kesehatan dan kecantikan kulit, namun ketika digunakan dalam jumlah berlebihan, kandungan ini dapat menjadikan kulit lebih rentan terhadap bakteri atau polutan.


    Produk apa yang sebaiknya digunakan jika tingkat keasaman atau alkalin terlalu tinggi?

    Jika tingkat keasaman terlalu tinggi, gunakan produk dengan tingkat pH netral dan hindari perawatan seperti chemical peeling. Apabila tingkat alkalin terlalu tinggi, pilih produk dengan bahan dasar minyak atau gel yang memiliki pH rendah. Hindari menggunakan sabun dengan pH tinggi karena dapat menjadikan kulit lebih kering.


    Seberapa cepat keseimbangan pH kulit dapat kembali?

    Saat telah menggunakan produk dengan kandungan pH tepat, kemungkinan besar keseimbangannya akan kembali dalam satu hingga dua minggu. Tak hanya pada produk perawatan, Anda sebaiknya juga memperhatikan asupan nutrisi untuk hasil optimal. Kulit tampak sehat dan cantik saat tingkat keasaman tinggi, namun tubuh terasa sehat jika memiliki kealkalian tinggi. Hindari konsumsi makanan cepat saji atau produk susu agar mendapat tampilan kulit tanpa cela. Pastikan Anda memiliki waktu istirahat cukup dan minum air putih secara teratur.

     

    (TEKS: ARIFA MALIK / FOTO: SHUTTERSTOCK)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below