Resolusi Kecantikan untuk Tahun Depan


  • Resolusi Kecantikan untuk Tahun Depan
    Antonello Trio/IMAXTREE.COM

     

    Lebih sering pergi ke pusat kebugaran, memperluas pergaulan, meningkatkan kualitas kerja biasanya sudah masuk dalam daftar resolusi tahun depan. Namun bagaimana dengan kesehatan dan kecantikan kulit?

    Tak sengaja tertidur saat masih mengenakan riasan atau lupa menggunakan tabir surya adalah hal yang biasa dialami wanita masa kini. Manfaatkan momen akhir tahun untuk membuat resolusi dalam merawat kesehatan dan kecantikan kulit.



    Meski sudah memiliki ritual dan kebiasaan sendiri, tak ada salahnya menambahkan beberapa hal berikut ke dalam daftar resolusi Anda.

    Jauhkan tangan dari wajah

    Ya, Anda pasti akan merasa sangat tergoda untuk memencet jerawat yang terlihat sudah matang padahal kebiasaan tersebut bisa berakibat buruk bagi kulit.

    Tak hanya itu, menyentuh wajah dengan tangan kotor juga bisa menyebabkan penumpukan minyak yang nantinya akan menyumbat pori sekaligus menambah kotoran pada kulit.

    Simpan kaca pembesar dan tulis "Don't Touch" di selembar post-it lalu letakkkan di tempat yang selalu terlihat. Jika Anda menyerah, aplikasikan krim dengan kandungan hydrocortisone untuk membantu meringankan inflamasi sekaligus mencegah munculnya bekas luka.

    Istirahatkan tangan

    Pertama, berhenti memperlakukan kuku Anda seperti alat. Membuka kotak atau sejenisnya menggunakan kuku bisa membuat ujungnya terkelupas dan patah.

    Selain itu, untuk mencegah dehidrasi pada kuku, kutikula, dan kulit tangan, pilih produk anti bakteri yang sekaligus mampu melembapkan. Krim tangan dengan kandungan SPF menjadi must have item di dalam tas saat keluar rumah.

    Malam hari, gunakan krim tangan yang diperkaya oleh alpha hydroxy acid untuk menutrisinya secara optimal. Untuk perawatan yang lebih intensif, aplikasikan shea butter dan sarung tangan sepanjang malam saat tidur.

    Hapus riasan

    Anda mungkin sudah tahu sejak lama bahwa sisa riasan yang bercampur dengan minyak dan kotoran di kulit bisa menyebabkan berbagai masalah terutama jerawat.

    Kosmetik juga bisa menangkap radikal bebas yang merusak lapisan kulit. Namun tak jarang setelah hari yang panjang, Anda hanya ingin segera naik ke atas kasur begitu sampai di rumah. Beberapa tip berikut bisa membantu mendisiplinkan Anda di malam hari.

    • Segera bersihkan wajah begitu sampai di rumah, jangan tunggu hingga serial televisi favorit Anda selesai. Setidaknya, bersihkan maskara terlebih dahulu jika memang ada kegiatan yang tak bisa ditunda.

    • Pembersih wajah instan seperti micellar water bisa membantu mengangkat sisa riasan, kotoran, dan minyak pada wajah. Langkah ini memang tidak merawat kulit secara maksimal, namun setidaknya mengurangi risiko munculnya masalah.

    • Sediakan cleansing wipes di laci sebelah tempat tidur agar Anda tak lupa mengangkat sisa riasan jika memang terlalu malas membersihkannya secara tuntas dan menggunakan produk perawatan.

    Bersihkan wajah sebelum dan sesudah berolahraga

    Jika di tahun ini Anda menemukan olahraga favorit atau semakin rajin pergi ke pusat kebugaran setelah jam kerja, sebaiknya mulai kebiasaan yang satu ini.

    Bersihkan kulit sebelum berolahraga untuk mencegah keringat bercampur dengan sisa riasan, minyak berlebih, dan kotoran.

    Setelah berolahraga, segera bersihkan keringat di area wajah, punggung, dan dada untuk mencegahnya menyumbat pori. Akan lebih baik jika Anda langsung mandi langsung setelah berolahraga.

    Gunakan pelembap setelah mandi

    Hampir semua wanita tahu saat mandi menggunakan air hangat, minyak alami yang membantu melembapkan kulit ikut terbilas. Pelembap kulit tentunya menjadi solusi utama, namun seringkali terlupakan.

    Letakkan produk pelembap di kamar mandi agar dapat digunakan dalam kurun waktu sepuluh menit setelah mandi. Jangka waktu tersebut termasuk ideal karena uap air belum sepenuhnya meninggalkan kulit sehingga kelembapannya bisa langsung dikunci oleh produk pilihan Anda.

    Trik ini juga menjadi pengingat untuk selalu menggunakan pelembap kulit setelah mandi.

    Gunakan tabir surya setiap hari

    Anda disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan kandungan (setidaknya) SPF 30 dan mengulanginya beberapa kali dalam sehari. Tantangannya adalah menemukan tabir surya yang memberi perlindungan optimal namun tak terasa lengket dan berminyak di kulit sekaligus nyaman dikenakan bersama riasan.

    Jika belum memiliki tabir surya andalan, coba pilih produk yang disemprotkan langsung ke kulit. Biasanya produk jenis ini memiliki tekstur lebih ringan dan mudah diserap oleh kulit. Coba juga cari produk tabir surya yang memiliki formula sheer atau non greasy.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Sabai Dieter Mei 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below