Bolehkah Merencanakan Pernikahan Sebelum Bertunangan?


  • Bolehkah Merencanakan Pernikahan Sebelum Bertunangan?
    Foto: Dok. Bbernard / Shutterstock

    Sudah berapa dalamkah Anda mengenal pasangan? Apabila hubungan Anda masih dalam tahap pengenalan atau belum ada kata-kata dari pasangan tentang komitmen seumur hidup, mungkin Anda masih memerlukan tambahan waktu atau harus berpikir dua kali sebelum merencanakan sebuah pernikahan.

    Namun jika pernikahan merupakan agenda yang sudah pasti dalam hubungan Anda dan pasangan, tak ada salahnya menyicil perencanaan bahkan sebelum cincin tunangan melingkar di jari Anda.

    Berikut beberapa detail yang bisa Anda kerjakan sebelum resmi bertunangan:



    Survei Lokasi Pernikahan

    Hubungi beberapa lokasi yang ada dalam daftar kesukaan Anda dan pasangan, kemudian kunjungi beberapa tempat tersebut di waktu luang untuk berbicara langsung dengan pengelola mengenai rincian ketentuan serta biaya.

    Kegiatan survei lokasi ini juga merupakan aktivitas baru yang menyenangkan, lho, bagi Anda dan pasangan, ditambah, Anda dapat merasakan ambience dari tiap tempat secara langsung.

    Mengunci Tanggal

    Setelah menemukan lokasi yang benar-benar cocok dengan keinginan Anda dan pasangan, tunggu apa lagi? Mengingat tak banyak tanggal yang tersedia di akhir minggu, tentukan tanggal pernikahan secepatnya dan pastikan di tanggal tersebut keluarga dan orang-orang terpenting bisa hadir.

    Adanya lokasi dan tanggal yang sudah ditetapkan secara tidak langsung mengurangi beban dalam tahap perencanaan selanjutnya sekaligus memudahkan Anda dalam membuat timeline menjelang pernikahan.

    Memilih Wedding Organizer

    Tentu Anda sudah memiliki visi tentang pesta pernikahan dambaan. Mulailah membuat janji temu dengan beberapa wedding planner atau organizer untuk mengetahui mana yang bisa benar-benar merealisasikannya sesuai bujet dan lokasi.

    Membuat Referensi Baju Pernikahan

    Selagi masih banyak waktu, kumpulkan referensi sebanyak-banyaknya terkait gaun atau baju yang Anda sukai untuk hari pernikahan. Ini juga akan memudahkan Anda dalam menentukan desainer yang akan dipilih selanjutnya.

    Hindari melakukan ini di detik-detik terakhir untuk menghindari penyesalan akibat gaun atau baju yang tidak sesuai dengan keinginan.

    Good luck!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below