Cara Memotong Anggaran Pernikahan



  • Dalam pernikahan, banyak orang yang mengeluarkan dana jor-joran untuk membuat sebuah pesta pernikahan yang diimpikan. Padahal sebenarnya, banyak hal yang lebih penting dan membutuhkan dana yang tak sedikit pada saat membangun rumah tangga. Tips dan trik berikut dapat dijadikan kiat jitu untuk memangkas budget pernikaha Anda.

    Mengurangi biaya katering

    Salah satu cara terbaik untuk menghemat uang adalah pemotongan biaya makanan dan minuman bagi setiap tamu yang diundang. Tapi ingat, Anda jangan memangkas tamu yang akan diundang karena kehadiran tamu akan menyemarakkan pesta pernikahan Anda.



    Jika biasanya Ada 6 jenis makanan, Anda bisa memangkas menjadi hanya 5 jenis makanan yang dihidangkan. Tapi ingat, saat memilih katering Anda harus merasakan karena rasa tersebut akan terkenang terus oleh tamu undangan.

    Pilih gedung pernikahan yang menyediakan semua fasilitas

    Ada beberapa gedung yang khusus memang digunakan untuk pernikahan yang memberikan fasilitas tambahan. Manajemen gedung tersebut biasanya juga menyediakan fasilitas lain seperti katering, dekorasi, musik pengiring dan lainnya.

    Biasanya kalau Anda memesan paket pernikahan di gedung tersebut akan ada diskon-diskon tertentu yang berujung kepada penghematan.

    Pilih hari kerja

    Merayakan pernikahan di luar hari Sabtu atau Minggu bisa menghemat banyak uang. Anda dapat menghemat biaya pernikahan dengan memilih mengadakan pesta di hari Rabu dibandingkan dengan Sabtu.

    Namun memang, ada risiko karena banyak tamu yang kerja. Artinya Anda hanya bisa mengundang kerabat yang benar-benar dekat yang mau mengambil cuti untuk datang ke pernikahan Anda.

    Anda juga dapat memutuskan untuk memilih pada menikah di bulan Desember jika dibanding bulan yang biasa untuk menikah yaitu Juni dan Oktober.