Rambut Rontok Setelah Melahirkan? Ini Solusinya


  • Rambut Rontok Setelah Melahirkan? Ini Solusinya
    Foto: Dok. Yuriz Zhuravov/Shutterstock

    Salah satu perubahan menyenangkan yang dialami oleh beberapa perempuan ketika hamil adalah kulit menjadi semakin cerah dan rambut terasa lebih berkilau serta bervolume. Hal ini disebabkan oleh meningkatnya produksi hormon esterogen yang ternyata juga mengalir ke bagian folikel rambut, sehingga akar rambut menjadi semakin kuat dan bernutrisi.

    Sayangnya hal ini tidak bertahan lama. Setelah melahirkan, level hormon esterogen menurun drastis, dibarengi oleh meningkatnya produksi hormon kortisol atau hormon stres. Rata-rata perempuan dapat kehilangan sebanyak 30% dari rambutnya dalam tahap ini. Tak perlu terlalu khawatir karena fase tersebut hanya sementara. Namun bukan berarti harus pasrah dalam menghadapi kerontokan rambut ini. Ada beberapa hal yang bisa Anda upayakan untuk meminimalisirnya.

    1. Gunakan rangkaian lengkap perawatan kulit kepala seperti serum, sampo, masker, dan tonik yang dirancang khusus untuk mengatasi masalah kerontokan. Coba rangkaian Kérastase Densifique.



    2. Pijatkan coconut oil sebelum keramas pada kulit kepala untuk menjaga kekuatan dan kelembapan rambut saat proses pencucian.

    3. Memotong rambut dapat membuatnya terasa lebih ringan dan mengurangi kerontokan secara cukup signifikan. Pilih model yang ber-layer untuk memberikan kesan lebih tebal dan bertekstur.

    4. Hindari menguncir rambut terlalu sering. Selain akan mengekspos bagian garis rambut yang sedang tipis, ikatan yang terlalu keras juga akan meningkatkan resiko rontok.

    5. Aplikasikan detangling spray sebelum menyisir rambut yang basah.

    6. Buat masker rambut homemade menggunakan campuran putih telur, madu, dan alpukat. Kandungan omega tiga dan asam amino di dalam bahan-bahan tersebut bekerja aktif dalam menguatkan dan menjaga kelembapan rambut. Jika Anda malas meracik sendiri, coba The Bath Box Fluffy Hair Treatment.

    7. Apabila langkah perawatan di rumah belum membuahkan hasil yang memuaskan, Anda bisa berkonsultasi ke klinik kecantikan yang andal dalam mengatasi hair loss. Kabarnya, perawatan yang sedang naik daun yaitu PRP (Platelet Rich Plasma), juga efektif untuk meyuburkan rambut.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Ayla Dimitri Dan Andra Alodita Juni 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below