Cara Membuat Falafel Ala Lebanon


  • Cara Membuat Falafel Ala Lebanon
    (Foto: Slawomir Fajer/ Shutterstock)

    Falafel adalah makanan khas Lebanon yang merupakan versi sehat dari daging burger. Rasanya jauh lebih enak, namun juga jauh lebih sehat. Ayo coba dibuat!

     

    Bahan-Bahan:



    1 mangkuk kacang chickpeas kering/ kacang chickpeas dalam kaleng

    1/2 buah bawang bombay

    1 genggam daun peterseli segar

    1 genggam ketumbar segar

    1 sendok teh garam

    1/2-1 sendok teh bubuk paprika

    4 siung bawang putih

    Jinten

    1 sendok teh baking powder

    4-6 sendok makan tepung

    minyak sayur (untuk menggoreng)

    Potongan tomat (untuk hiasan)

    potongan bawang bombay (untuk hiasan)

    Potongan paprika hijau (untuk hiasan)

    Saus tahini

    Roti Pita

     

    Cara Membuat:

    1. Jika Anda memilih membuat falafel dengan kacang chickpeas kering, Anda dapat merendamnya di dalam sebuah mangkuk berisi air dan diamkan selama 1 malam. Namun jika Anda menggunakan kacang chickpeas dari kemasan kaleng, Anda cukup menyaring kacang tersebut dan buang airnya.

     

    2. Masukkan kacang chickpeas dan bawang bombay kedalam blender. Kemudian masukan daun peterseli, ketumbar, garam, bubuk paprika, bawang putih dan jinten satu per satu ke dalam blender.

     

    3. Blender sampai terbentuk bubuk kasar. Matikan blender untuk sementara.

     

    4. Masukkan juga baking powder dan 4 sendok makan tepung dan nyalakan lagi blender Anda.

     

    5. Tuangkan adonan tersebut ke dalam mangkuk kosong. Dengan tangan Anda, bentuklah bola-bola kecil, atau gunakan sendok es krim untuk takaran bentuk bola-bola falafel tersebut.

     

    6. Setelah bola-bola falafel tersebut Anda letakan ke dalam nampan, tutup dengan pembungkus plastik dan masukan ke dalam kulkas untuk beberapa jam.

     

    7. Di dalam sebuah panci, panaskan minyak sayuran Anda. Masukkan dengan pelan 1 bola falafel untuk digoreng. Jika bola-bola tersebut retak dan pecah saat digoreng, Anda dapat menambahkan sedikit lagi tepung.

     

    8. Kemudian, goreng bola-bola falafel yang lain sampai warna bola-bola falafel tersebut berubah menjadi kuning keemasan.

     

    9. Angkat dan tiriskan minyak di atas tisu.

     

    10. Ambil roti pita Anda dan letakan bola-bola falafel yang telah Anda goreng ke dalam roti pita tersebut. Demikian juga dengan potongan tomat, bawang bombay dan paprika hijau, semua diletakan di tengah potongan roti pita. Tuangkan beberapa tetes saus tahini diatasnya ketika Anda ingin menghidangkan.