Kisah di Balik Sajian Kopi Dari Seluruh Negara


  • Kisah di Balik Sajian Kopi Dari Seluruh Negara
    (FOTO: OLIVIA ATEN)

    Indonesia

    Orang Indonesia yakin secangkir kopi tidak terasa nikmat jika tidak dinikmati bersama seorang kawan. Indonesia terkenal dengan tradisi arisan bagi para wanita atau sekedar bertemu dengan teman lama bagi para pria. Rasanya, tidak lumrah jika kenalan atau teman tidak saling kontak satu sama lain lagi.

    Amerika Serikat



    Amerika adalah negara dengan penikmat kopi terbanyak, terlebih di kota New York. Secangkir kopi per hari sudah dipandang sebagai kebutuhan daripada kenikmatan di saat senggang. Dengan gaya hidup dan tuntutan kerja yang serba cepat, penduduk Amerika Serikat membutuhkan kopi untuk tetap energik beraktivitas.

    Vietnam

    Cara menghidangkan kopi Vietnam ini sangat unik. Di atas sebuah cangkir yang berisi susu kental manis, ada sebuah penyaring kopi bubuk. Kopi bubuk yang dituang ke dalam saringan itu akan di tekan oleh sebuat plat dan air panas pun di tuangkan ke atasnya. Selama proses penyaring, air dari kopi akan menetes pelan-pelan.

    Saat itu, warga Vietnam diajak untuk beristirahat sejenak memandang tetesan pelan dari saringan itu. Umumnya, warung kopi di kota-kota Vietnam berada di lantai kedua dari sebuah bangunan, dimana Anda dapat melihat hiruk-pikuk kemacetan jalanan dari atas sana.

    Yunani

    Kopi dari Yunani dianggap sebagai minuman yang ringan. Cara pemanggangan biji kopinya pun lebih ringan daripada biji kopi dari negara lainnya. Paling sering dihidangkan dengan es batu yang di blender.

    Sering disamakan dengan kopi dari Turki karena jarak ke dua negara yang dekat ini. Namun disini kopi dinikmati bersama camilan sore, saat matahari perlahan terbenam di pantai-pantai cantik Yunani.

    Turki

    Perbedaan kopi dari Turki dan dari Yunani adalah kepekatan kopi yang dihidangkan. Di Turki, kopi dihidangkan dengan cangkir espresso, yang harusnya diminum dengan 5 tegukan kecil. Ketika Anda habis menikmati kopi espresso Turki, Anda akan diberikan makanan manis ringan bernama Lokum.

    Perpaduan antara after taste kopi pekat dan makanan manis ini benar-benar luar biasa. Anda dapat merasakan, hidup itu terkadang pahit namun tetap akhirnya ada manis yang berkepanjangan, seperti filosofi dari negara Turki.




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Velove Vexia Cover April 2022
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below