Peraturan Dapur Yang Belum Anda Tahu



  • Hindari menggunakan pisau yang sama untuk memotong beberapa jenis daging, karena setiap daging memiliki bakteri yang berbeda. Jika Anda menggunakan pisau yang sama saat memotong ayam dan daging sapi, kuman di daging ayam akan menempel di pisau dan berpindah ke daging lainnya. Padahal keduanya memiliki risiko bakteri yang berbeda, sehingga daging sapi yang tadinya aman bisa terjangkit kuman salmonella.

    Pastikan Anda memasak daging sesuai dengan kebutuhannya, beberapa jenis daging memiliki tingkat kematangan yang berbeda. Semua daging memang sebaiknya dimasak secara matang, namun ada beberapa daging yang tetap aman jika dikonsumsi setengah matang atau medium, bahkan mentah. Daging sapi setidaknya perlu dimasak hingga mencapai 72 derajat Celcius, ikan hanya memerlukan 60 derajat Celcius, sedangkan ayam dan unggas lainnya membutuhkan waktu yang lebih lama yaitu sekitar 83 derajat Celcius. Khusus untuk daging ayam, pastikan Anda memasaknya hingga matang.

    Gunakan wadah yang berbeda saat meletakkan daging mentah dan daging yang sudah dimasak, hal ini hanya akan mempermudah perpindahan kuman berbahaya atau cross-contamination.



    Selalu cuci cutting board atau talenan, saat Anda memotong beberapa jenis bahan makanan. Sebenarnya akan lebih baik jika Anda menggunakan talenan yang berbeda untuk daging dan sayuran. Namun jika hal itu terlalu merepotkan, pastikan Anda mencucinya terlebih dahulu. Cuci dengan air panas dan penuh busa sabun.

    Keringkan sponge cuci piring, setiap Anda selesai menggunakannya. Jika Anda meninggalkannya dalam keadaan basah (apalagi membiarkannya terendam dalam air sabun), sponge bisa ditumbuhi jamur yang tentunya sangat berbahaya jika tersentuh dengan piring dan gelas di rak makan.

     

    (TEKS: KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: DOK. HER WORLD)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Bunga Citra Lestari Maret 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below