Life & health

Mengenal Istilah Tiroid

By : Kiki Riama Priskila - 2015-08-19 11:13:48 Mengenal Istilah Tiroid

Sering kepanasan, berkeringat, dan gusar? Hati-hati, bisa saja itu merupakan gejala tiroid.

Kelenjar tiroid (kelenjar berbentuk kupu-kupu yang terletak di bawah jakun) membutuhkan yodium, yang ditemukan dalam makanan seperti ikan tuna dan telur, untuk dapat menghasilkan hormon tiroid, yang mengatur pertumbuhan dan metabolisme tubuh. Masalah kesehatan akan muncul di saat ada ketidakseimbangan tiroid, yang dapat bermanifestasi sebagai hyperthyroidism (jenis tiroid yang terlalu aktif) atau hypothyroidism (jenis tiroid yang tidak aktif).

Hyperthyroidism (atau tiroid aktif) merupakan kelenjar tiroid yang menghasilkan terlalu banyak hormoin tiroid, yakni thyroxine; yang menyebabkan fungsi tubuh bekerja lebih cepat dari biasanya. Hal ini lebih sering disebabkan oleh penyakit Graves, yakni gangguan autoimmune yang dapat mengakibatkan metabolisme tinggi dan meningkatkan risiko osteoporosis, serta dalam beberapa kasus, gagal jantung.

Hypothyroidism (atau tiroid tidak aktif) merupakan kelenjar tiroid yang tak terlalu banyak memproduksi thyroxine. Hal ini justru membuat banyak fungsi tubuh bekerja lebih lambat dari biasanya. Hal ini biasanya disebabkan oleh penyakit Hashimoto, di mana sistem ketahanan tubuh menyerang kelenjar tiroid - dan dapat menyebabkan berbagai masalah seperti tekanan darah dan kadar kolesterol tinggi seperti jantung.

 

(TEKS: ANGGITA DWINDA / FOTO: DOK. HER WORLD)

Life & health