Trik Memperbaiki Make-up Rusak



  • Jangan langsung buang lipstik Anda yang patah atau bedak yang pecah karena terjatuh, karena Anda bisa menghemat biaya membeli makeup baru hanya dengan memperbaikinya.

    1. Lipstik patah atau tergencet. Bahan dasar dari sebagian besar lipstik adalah lilin, dan seperti lilin pada umumnya, lipstik pun dapat meleleh bila dipanaskan. Jika lipstik Anda patah, lelehkan kedua ujung patahannya dengan lilin, dan rekatkan kembali. Voila, lipstik Anda kembali seperti baru! Untuk lipstik yang tergencet, letakkan di wadah yang aman untuk microwave lalu lelehkan dengan perlahan. Tuang lelehan lipstik ke wadah kosmetik lain, biarkan hingga mengeras. Gunakan lip brush untuk mengaplikasikan lipstik Anda yang “baru”.

    2. Eye pencil lama yang mengering. Ubah eye pencil lama Anda menjadi gel liner dengan mendekatkan ujung pensil ke lilin, lalu dinginkan. Pensil mata Anda akan terasa lebih smooth ketika dipakai.



    3. Maskara yang mulai mengering. Rendam maskara Anda di air hangat, kemudian teteskan sedikit obat tetes mata atau pembersih lensa kontak ke dalam tube maskara Anda. Putar mascara wand untuk meratakan kembali maskara Anda--jangan menggerakkannya naik turun, karena udara yang terperangkap di dalam tube akan membuat maskara kering.

    4. Bedak dan eyeshadow pecah. Trik mudah untuk memperbaiki bedak dan eyeshadow yang pecah adalah dengan meneteskan sedikit akohol ke bedak dan eyeshadow yang pecah, lalu ratakan dengan bagian belakang sendok. Gunakan tisu untuk menyerap kelebihan alkohol. Bedak dan eyeshadow Anda pun siap digunakan kembali!

    5. Melembutkan masker wajah. Jika masker wajah Anda mulai mengeras, lembutkan dengan air sari mawar (rosewater). Campurkan rosewater sedikit demi sedikit hingga mendapatkan tekstur yang diinginkan.

    6. Mengencerkan kuteks yang kering. Teteskan thinner kuteks ke dalam kuteks yang mulai kering, lalu kocok hingga kuteks kembali ke teksturnya semula. Simpanlah kuteks Anda dalam lemari es untuk menjaga kelembabannya, namun jangan terlalu lama, karena kuteks akan terpisah dan membeku sehingga tidak dapat dipergunakan.

     

    (TEKS: DEBORA TOBING / FOTO: DOK. HER WORLD)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below