Kiat Mengurangi Nyeri Haid



  • That time of the month is coming! Meski sudah menjadi bagian dari kehidupan wanita dewasa, rasa nyeri yang menyertai ketika haid tiba kadang bisa membuat setiap harinya sangat berat untuk dilalui. Beberapa tips di bawah ini dapat membantu mengurangi rasa nyeri saat haid.

    Mandi air panas atau meletakkan botol air panas di bagian bawah perut akan membuat Anda merasa lebih nyaman, karena panas akan membuka pembuluh darah dan melancarkan aliran darah sehingga rasa nyeri berkurang.

    No caffeine. Saat haid, gantilah kopi dan teh dengan versi decaf, jangan minum soda, minuman berenergi, atau makan cokelat. Kafein membuat pembuluh darah menyempit dan hal itu akan menyebabkan nyeri semakin parah.



    Pijat aromaterapi. Sebuah studi dalam jurnal Pain Management Nursing menyebutkan bahwa pijatan dengan aromaterapi lavender dapat mengurangi nyeri haid secara signifikan. Selain itu, pijatan akan membuat Anda rileks, karena perasaan tegang dan stres juga berpengaruh terhadap nyeri haid.

    Get moving. Berolahraga saat haid juga bisa dilakukan untuk mengurangi haid, seperti berlatih aerobik atau yoga. Gerakan yoga yang pas dilakukan saat haid adalah gerakan yang menyasar bagian tubuh yang menjadi pusat nyeri haid, seperti punggung bagian bawah. Semakin fit tubuh Anda, maka semakin kecil risiko nyeri haid. Hal ini disebabkan hormon endorfin yang dilepas tubuh saat olahraga, yang membuat Anda merasa lebih baik meski sedang haid.

    Jika nyeri haid Anda berkelanjutan disertai dengan gejala lain seperti demam bahkan muntah, Anda perlu segera berkonsultasi ke dokter.

     

    (TEKS: DEBORA TOBING / FOTO: BERBAGAI SUMBER)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Vanesha Prescilla Cover September 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below