Tetap Fit Meski Duduk Seharian di Kantor



  • Duduk selama 8-9 jam di kantor tentu dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan. Ini dia beberapa tips agar Anda bisa tetap fit meski bekerja di kantor.

    Berjalan kakilah sebanyak mungkin. Saat makan siang, cobalah untuk berjalan kaki. Jika Anda pergi ke kantor menggunakan mobil, parkirlah agak jauh dan berjalan kakilah ke kantor. Begitu pula di kantor, cobalah menggunakan tangga ketimbang lift. Jika kantor Anda terletak di lantai yang tinggi, gunakanlah lift hingga beberapa lantai di bawahnya, lalu gunakan tangga untuk mencapai kantor Anda.

    Gerakkan tubuh. Gunakan kesempatan sekecil apapun di kantor untuk menggerakkan tubuh Anda. Ketimbang menelpon rekan kerja Anda, berjalanlah langsung ke mejanya. Jika Anda memiliki printer, letakkanlah jauh dari meja Anda sehingga Anda dapat beranjak dari kursi ketika membutuhkan printer.



    Jangan lupa sarapan. Saat tidur, metabolisme tubuh melambat, dan sarapan pagi menolong metabolisme kembali normal. Selain itu, sarapan pagi akan mengurangi keinginan akan makanan berlemak saat jam makan siang tiba. Jika Anda selalu terburu-buru saat ke kantor, sediakan sereal atau oatmeal di meja kantor Anda untuk sarapan.

    Lakukan peregangan tubuh. Selain berjalan kaki untuk melancarkan kembali sirkulasi di dalam tubuh, lakukanlah gerakan sederhana untuk meregangkan otot-otot yang kaku karena duduk seharian. Tak hanya itu, cobalah menyilangkan satu kaki di atas kursi Anda saat duduk, hal ini dapat membuat Anda duduk tegak yang baik untuk postur tubuh.

    Stay hydrated. Tubuh kita membutuhkan 2,2-3 liter air sehari. Bawalah botol minum yang bisa diisi ulang ke kantor untuk menjaga asupan air putih mencukupi. Tubuh yang terhidrasi baik akan mencegah terjadinya otot kaku dan kelelahan (fatigue).

     

     

    (TEKS : DEBORA TOBING / FOTO : DOK. BERBAGAI SUMBER)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below