Sex & relationship

Cara Efektif Buat Pasangan Lebih Mendengarkan

By : Anggita Dwinda - 2015-07-29 09:47:39 Cara Efektif Buat Pasangan Lebih Mendengarkan

Bicara dengan lantang dan jelas

Faktanya, pria memang tak bisa mendengar sebaik wanita, dimulai dari sejak lahir dan terus demikian sepanjang hidup. Hal ini dimulai dari penemuan tidak sengaja di sebuah klinik neonatal di mana para peneliti memainkan musik lembut dengan harapan musik tersebut dapat menenangkan mereka dan membuat mereka lebih banyak makan agar berat badan mereka pun bertambah. Nyatanya, musik tersebut memberikan pengaruh luar biasa pada bayi perempuan sementara bayi laki-laki tak mendapatkan pengaruh apa-apa. Studi lebih lanjut menemukan bahwa ini dikarenakan kemampuan mendengar laki-laki lebih rendah dibanding perempuan. Hal ini pula yang menjelaskan kenapa wanita bisa merasa pasangannya tengah berteriak kepadanya sementara ia merasakan hal sebaliknya, atau kenapa pria lebih senang berada di ruang kedap suara yang penuh dengan musik kencang ketimbang wanita. Intinya? Berbicaralah dengan lebih lantang, jika Anda ingin pasangan mendengarkan Anda.

Dapatkan perhatiannya

Anda sudah meningkatkan volume suara Anda? Bagus. Kini, saatnya mendapatkan perhatiannya. Mencoba mendiskusikan suatu hal dengan pasangan akan percuma saja bila mereka sedang disibukkan oleh hal lain, semisal pekerjaan atau hal kecil seperti mengecek media sosial. Sebelumnya, pilih waktu yang tepat untuk memulai diskusi dengan pasangan, entah setelah makan malam atau saat ia sedang bersantai tanpa dialihkan oleh acara di TV atau hal lainnya. Panggil namanya, dan pastikan ia menatap Anda saat menjawab, barulah Anda bisa mulai berkomunikasi.

Langsung ke inti masalah

Sebagai wanita, mudah sekali bagi kita untuk mengulur waktu dengan memutar arah pembicaraan and just go around in circles. Kebanyakan pria ingin agar Anda langsung menuju ke inti masalah dan mengutarakannya dalam waktu 30 detik... bahkan kurang! Jika perlu, maka buatlah daftar poin-poin yang ingin dibicarakan sebelumnya, agar tidak bertele-tele saat mulai berdiskusi dengan pasangan.

Katakan apa yang Anda inginkan

Jika Anda ingin meminta bantuannya untuk suatu hal atau menginginkan perubahan, katakan saja apa adanya. Jangan bilang, "Aku pikir..." atau "Menurut aku..." karena pria akan menginterpretasi hal itu sebagai sebuah pernyataan, bukan permintaan. Ia pun akan berpikir bahwa semua terserah padanya. Selain itu, hindari penggunaan kata "tapi", karena jika Anda menyatakan suatu hal namun meneruskannya dengan "tapi..." maka kepentingannya pun akan berkurang.

Berhenti bicara jika sudah selesai

Saat seorang wanita sudah mengutarakan pendapatnya tanpa interupsi, seringkali ia akan lanjut bicara (alias "melantur") ke sana kemari tanpa disadarinya. Gawatnya, jika ini dilakukan maka keadaan bisa berbalik dan pria bisa memikirkan hal lain yang bisa membuatnya berubah pikiran atas keputusan yang telah dibuat bersama. Jadi, saat Anda sudah mengutarakan pendapat dan ia sudah setuju dengan Anda, hentikan diskusinya dan mulai bicarakan hal lain jika perlu.

 

(TEKS: ANGGITA DWINDA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Sex & relationship