Life & health

Rencanakan Dana Liburan Anda Sekarang

By : Kiki Riama Priskila - 2015-06-08 08:56:03 Rencanakan Dana Liburan Anda Sekarang

Jika Anda akan liburan...

3 bulan lagi

ke luar negeri (sendiri/solo traveling)...

Pertama-tama, yang harus Anda lakukan adalah mengecek apakah dananya tersedia. Dalam kurun waktu yang hanya tersisa tiga bulan lagi, Anda sudah harus segera mulai memeriksa harga tiket, harga biaya penginapan dan kebutuhan-kebutuhan lainnya. Jika dana segar Anda terbatas, kartu kredit bisa jadi satu hal yang sangat membantu dalam situasi ini. Saat ini banyak kartu kredit yang memberikan fasilitas cicilan beberapa bulan dengan bunga nol persen. Namun, pastikan Anda mampu membayar cicilan sesuai tagihan. Hutang yang memberatkan keuangan akan mengganggu kenyamanan acara liburan Anda.

1 tahun lagi

ke luar negeri (sendiri/solo traveling) ke Asia...

Apabila waktu liburan Anda masih satu tahun lagi, ada beberapa cara alternatif untuk mengalokasikan dana liburan, yaitu:

  • Menabung setiap bulan sesuai anggaran yang dibutuhkan

Misalkan, untuk pergi ke Thailand, Anda membutuhkan dana sebesar Rp6.000.000 untuk keseluruhan biaya total, maka Anda harus menabung sebesar Rp500.000 per bulan selama 12 bulan.

  • Menggunakan bonus tahunan

Apabila tahun ini Anda dapat bonus tahunan lebih besar dari kantor, maka rute perjalanan yang ditempuh bisa lebih jauh.

  • Menggunakan Tunjangan Hari Raya (THR)

Setelah dikurangi dengan kebutuhan hari raya, seringkali uang THR masih tersisa. Uang tersebut bisa Anda gunakan sebagai dana liburan.

5 tahun lagi

ke luar negeri (liburan keluarga) ke Eropa...

Untuk rencana liburan yang masih lebih lama, Anda bisa alokasikan dana liburan dengan berinvestasi. Hasil investasi akan membantu Anda mengejar biaya perjalanan yang terus saja meningkat karena inflasi. Anda bisa coba langkah berikut:

  • Buat anggaran tentang berapa dana yang dibutuhkan, misalkan saja Rp50 juta
  • Kebutuhan biaya saat ini sebesar Rp50 juta akan naik jadi Rp80 juta dalam waktu 5 tahun, dengan asumsi kenaikan biaya sebesar 10% per tahun.
  • Buat rencana investasi untuk bisa memiliki Rp80 juta dalam waktu 5 tahun, dengan asumsi Anda berinvestasi di reksadana dengan pilihan produk reksadana campuran. Maka Anda bisa membuat target return investasi sebesar 15% per tahun. Dana ini bisa tercapai kalau Anda berinvestasi setiap bulan secara rutin sebesar Rp910 juta.

 

(TEKS: MONADISA UTAMI DEWI / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Life & health