Rawat Kulit dengan Serum Wajah



  • Apa itu serum wajah?

    Serum merupakan salah satu bentuk perawatan kulit wajah yang berbeda dengan pelembap biasa. Penggunaan serum disesuaikan dengan masalah yang muncul seperti kerutan halus, noda hitam atau pigmentasi. Biasanya, serum wajah menjadi produk paling ampuh dalam mengatasi masalah kulit.

    Perbedaan antara serum wajah dan pelembap?



    Tekstur serum biasanya terasa lebih ringan dan kandungan bahan aktif di dalamnya berfokus pada masalah kulit yang dihadapi. Pelembap cenderung lebih creamy dan digunakan untuk menghidrasi serta melindungi kulit dari sinar UV.

    Jika kulit tidak bermasalah, perlukah menggunakan serum?

    Apabila tidak ada keluhan pada kulit, penggunaan serum wajah tidak terlalu penting. Namun untuk menjaga kesehatan dan kecantikan, sebaiknya tetap gunakan serum yang disesuaikan dengan jenis kulit. Untuk perlindungan, pilih serum dengan kandungan anti-oksidan yang mampu melawam efek negatif polusi dan sisa kotoran. Saat tanda penuaan mulai muncul, gunakan juga serum yang kaya akan vitamin A tiga kali dalam seminggu untuk mempercepat regenrasi kulit serta meningkatkan produksi kolagen. Samarkan pigmentasi pada kulit melalui penggunaan serum yang kaya akan vitamin B3.

    Apa yang membedakan serum untuk pagi dan malam hari?

    Beberapa jenis serum bisa digunakan pagi dan malam hari. Tetapi beberapa jenis kulit merespon pada bahan tertentu pada waktu tertentu. Misalnya, serum dengan kandungan vitamin A bekerja lebih baik di malam hari tergantung jenis kulit si pemakai. Namun untuk siang hari sebaiknya tetap pilih serum dengan kandungan UV protection atau anti-oksidan.

    Kapan sebaiknya menggunakan serum?

    Rutinitas merawat wajah sebaiknya diawali oleh membersihkan wajah, penggunaan serum dan diakhiri dengan pulasan pelembap. Aplikasikan serum sebelum pelembap agar seluruh rangkaian produk perawatan dapat bekerja secara maksimal. Serum wajah juga memiliki formula khusus yang dapat bekerja dengan produk lain, sehingga tidak menjadi masalah jika menggunakan riasan setelahnya.

     

    (TEKS: ARIFA MALIK / FOTO: BERBAGAI SUMBER)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below