Apakah Anda Alergi Terhadap Produk Kecantikan?



  • Berbagai kandungan dalam produk riasan, perawatan wajah, rambut dan tubuh bisa saja menjadi pemicu alergi pada kulit. Produk kecantikan mengandung preservatives dan fragrances menjadi tersangka utama penyebab alergi. Tak ketinggalan produk pewarna rambut juga biasanya memiliki formula PPD atau phenylenediamine yang kurang baik untuk jenis kulit sensitif.

    Bagaimana cara mengenali reaksi alergi?



    Cara termudah untuk mengenali reaksi alergi adalah ketika mencoba produk baru. Gejala awal akan muncul setelah satu atau dua hari penggunaan. Reaksi yang paling umum dapat berupa munculnya kemerahan pada kulit, jerawat, bengkak, gatal bahkan jamur. Tak jarang juga alergi yang muncul dapat berupa dehidrasi pada kulit, noda hitam, kantong mata atau wajah terlihat lebih tua dan kusam.

    Perhatikan kandungannya!

    Apabila telah mencoba berbagai produk namun tetap mengalami alergi, sebaiknya Anda konsultasikan dengan dokter kulit atau ahli alergi untuk mengetahui apa sebenarnya yang menjadi pemicu reaksi tersebut. Berikut beberapa kandungan yang sebaiknya dihindari oleh jenis kulit sensitif. Sebagai permulaan, perhatikan apakah produk kecantikan yang akan dibeli atau digunakan mengandung formula di bawah ini.

    Preservatives. Parabens, Quaternium 15, Isothiazolinone dan Imidazolidinyl Urea.

    Hair Dye. PPD atau Phenylenediamine

    Lainnya. Fragrance, Propolis, Thimerosal, Lanolin dan Wool Alcohol.

     

    (TEKS: ARIFA MALIK / FOTO: BERBAGAI SUMBER)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below