Atasi Masalah Kulit dengan Paduan Perawatan Ini!



  • 1. Breakout dan kulit kering

    Jika memiliki dua masalah kulit ini, hindari penggunaan sabun pencuci wajah dalam bentuk foam. Produk jenis ini biasanya membantu membersihkan minyak dari wajah sekaligus membuatnya terasa kering. Pilih pencuci wajah dengan formula lebih lembut bertekstur cair. Tak hanya pencuci wajah, obat jerawat pun bisa membuat kulit terasa kering. Untuk menghindari hal ini, pilih produk dengan kandungan benzoyl peroxide paling tinggi lima persen. Jangan lupa untuk selalu meggunakan pelembap terlebih dahulu sebelum memulaskan obat jerawat agar formulanya terserap maksimal.

    2. Noda hitam dan tanda penuaan



    Jika berbicara seputar menyamarkan noda hitam, kombinasi vitamin C dan E adalah kuncinya. Kandungan anti oksidan mampu mencerahkan kompleksi wajah dan melindunginya dari efek negatif sinar matahari. Pulasan produk dengan kandungan retinol juga dapat mempercepat proses penyamaran noda hitam sekaligus mengurangi tampilan kerutan dan tanda penuaan lainnya sehingga kulit senantiasa tampak awet muda.

    3. Kulit memerah dan kering

    Munculnya kemerahan biasanya menandakan jenis kulit sensitif dan sebaiknya memilih jenis pembersih wajah dengan formula ekstra lembut yang mampu menghidrasi secara maksimal. Pilih juga produk yang mengandung ekstrak ruscus untuk mengurangi kemerahan tersebut. Penggunaan produk perawatan lain seperti pelembap, alas bedak dan tabir surya tetap bisa dilakukan selama diformulasikan dengan lembut untuk kulit sensitif.

    4. Breakout dan tanda penuaan

    Dua kombinasi ini mungkin paling menyebalkan di antara yang lain. Pilih produk pelembap dengan kandungan peptides untuk menghidrasi serta menyamarkan garis halus pada kulit. Untuk mencegah breakout, gunakan formula salicylic acid yang sekaligus membantu mengangkat sel kulit mati dan minyak berlebih.

    5. Kulit berminyak dan kering

    Sulit membayangkan bahwa jenis kulit berminyak ternyata juga bisa mengalami kekeringan. Faktanya, kelembapan dan produksi sebum merupakan dua hal yang sangat berbeda. Kontrol produksi minyak menggunakan produk dengan efek mattifying yang diformulasikan dari glutamic aciddan absorbent microcapsules. Aplikasikan produk tersebut hanya di area kulit yang berminyak. Selebihnya, hidrasi kulit menggunakan pelembap bertekstur gel bebas minyak yang tidak lengket dan terasa ringan.

    6. Breakout dan noda hitam

    Formula salicylic acid adalah jawaban bagi dua masalah ini. Kandungan tersebut mampu mengatasi penyumbatan pada pori, membersihkan minyak berlebih, mengobati jerawat sekaligus mengeksfoliasi kulit untuk kompleksi yang lebih cerah. Jika noda hitam membandel, tambahkan sedikit pulasan produk dengan kandungan retinol sebagai solusinya.

    7. Kulit memerah dan tanda penuaan

    Pencuci wajah yang mengandung alpha hydroxy acids adalah kunci menyamarkan garis halus pada kulit. Dua kali dalam seminggu, gunakan masker untuk mengatasi masalah ini dan pulaskan pelembap dengan efek menenangkan kulit setelahnya. Hindari menggunakan retinol untuk produk anti penuaan, pilih kandungan peptides yang terasa lebih ringan di kulit.

     

    (TEKS: ARIFA MALIK / FOTO: BERBAGAI SUMBER)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below