Cegah Lapar Pasca Berlari



  • Konsumsi camilan sebelum olahraga

    "Khususnya jika Anda memutuskan untuk lari pagi, ketika kadar gula darah sedang berada pada tingkat terendahnya. Makanlah sebuah pisang atau segelas jus buah setidaknya satu jam sebelum lari pagi", saran Jo-Scott Dalgleish, ahli gizi olahraga dari Inggris.

    Rencanakan santapan Anda setelah olahraga



    Siapkan makanan yang akan Anda santap sebelum berolahraga dengan teliti, hal ini dapat mengurangi risiko Anda serampangan mengonsumsi opsi yang kurang sehat karena dorongan rasa lapar. "Biasanya saya akan menyiapkan jus buah sebelum berlari untuk saya minum setelahnya," papar Sarah Tan, 24, pelari kompeten.

    Refuel setiap saat

    Jika Anda akan berlari selama 2 jam, minumlah sedikit sport drink dengan jarak interval yang teratur sepanjang waktu tersebut. "Gula sederhana dapat dengan mudah diurai tubuh untuk menjadi sumber energi," tutur Sarah. Hindari segala sesuatu yang mengandung protein tinggi karena protein butuh waktu lama untuk dicerna dan tentunya tidak akan memenuhi kebutuhan energi Anda dengan cepat.

    Minum, minum, minum!

    "Otak kadang menerjemahkan rasa haus sebagai rasa lapar, jadi puaskan kebutuhan air tubuh Anda selama Anda berolahraga," ucap Ang Siew Min, 24, mantan pelari lintas negara. Minumlah juga segelas besar air atau sport drink ketika Anda telah selesai berolahraga.

     

    (TEKS: CINDY EGIFANIA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below