Life & health

Cara Atasi Mata Bengkak

By : Monadisa Utami Dewi - 2015-03-05 11:34:51 Cara Atasi Mata Bengkak

Mata Anda bengkak karena sedang flu, habis bergadang, atau menangis semalaman? Jangan khawatir, her world akan bagikan solusinya untuk Anda.

1. Es Batu

Cara paling klasik mengobati mata bengkak adalah dengan mengompresnya dengan es batu. Bisa juga diganti dengan menempelkan sendok stanless ke mata yang sebelumnya sudah didiamkan beberapa saat di dalam lemari es.

2. Teh Celup

Gunakan 2 teh celup, dan seduh dengan air panas, lalu angkat dan diamkan sebentar hingga hangat. Setelah itu kompreskan pada mata yang bengkak, tutup dengan kain selama 5-10 menit. Untuk jenis teh celup, Anda bisa menggunakan teh hijau atau teh hitam. Kandungan kafein pada teh dipercaya mampu mengurangi bengkak.

3. Mentimun

Kandungan astringen pada mentimun dapat mengobati mata bengkak. Agar lebih efektif, sebelum mengompreskan mentimun pada mata diamkan sebentar di dalam lemari es. 

4. Kentang

Selama ratusan tahun, masyarakat Eropa percaya kentang bisa menjadi obat sakit kepala, nyeri, dan berbagai masalah kesehatan. Untuk mengatasi mata bengkak, kupas kentang terlebih dahulu, bersihkan, biarkan kering dan parut. Ambil parutan kentang dan bungkuskan pada kain, lalu kompreskan pada mata.

5. Garam

Garam juga dapat dijadikan obat untuk mengatasi mata bengkak. Caranya, larutkan garam dengan 1/4 liter air, lalu celupkan kapas ke dalamnya. Gunakan kapas yang telah dicelupkan tersebut untuk mengompres mata.

6. Air Putih

Meski pun minum air putih tidak mengatasi masalah mata bengkak dengan cepat, namun mampu membantu proses penyembuhannya.

 

(TEKS: MONADISA UTAMI DEWI / FOTO: DOK. HER WORLD)

Life & health