Cara Pintar Menukar Mata Uang



  • Menukar uang di money changer

    Pertama, perlu diketahui bahwa lebih baik menukar uang di Indonesia daripada luar negeri. Pastikan bahwa tempat money changer Anda merupakan Authorized Money Changer, atau money changer berizin. Ini penting karena dibanding money changer lain, misalnya yang tidak ternama atau tidak mengantongi izin, Authorized Money Changer menawarkan nilai tukar tertinggi. Pastikan Anda tidak menukar uang di tempat yang tidak memiliki izin resmi, karena selain berisiko penipuan, Anda juga rentan mendapatkan uang palsu atau rusak.

    Menukar uang di hotel dan bandara



    Walaupun pada awalnya mungkin menukar uang di hotel dan bandara, tapi waspadalah terhadap biaya transaksi yang tinggi. Biasanya para ahli menyarankan untuk menghindari menukarkan uang di hotel, kecuali kalau memang benar-benar tidak ada pilihan lain.

    Menukar uang di bank setempat

    Kurs yang diberikan di bank lokal tempat Anda berlibur biasanya cukup baik. Jika kurs yang diberikan ditentukan oleh suplai dan permintaan, maka Anda akan mendapatkan harga yang hampir sama dengan harga di pasar valuta asing secara global ("harga pasar"). Terlepas dari itu, biasanya bank lokal merupakan opsi paling nyaman dan berbiaya rendah untuk menukar uang.

    Menukar uang di ATM

    ATM adalah sarana bagus untuk mendapatkan kurs lokal dengan nilai tukar yang wajar. Poin lain yang harus diperhatikan, bank Anda bisa saja membekukan kartu Anda jika terjadi banyak transaksi yang tak wajar (misalkan, penarikan uang di empat negara berbeda selama seminggu), jadi simpanlah baik-baik kontak bank Anda.

     

    (TEKS: ANGGITA DWINDA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below