Hati-Hati dengan Money Toxic Friends!



  • Lazim di antara sahabat untuk sering berbagi masa-masa suka dan duka, sehingga lazim pula bila terjadi pinjam-meminjam uang dan saling membantu dalam masalah keuangan. Namun bagaimana jika Anda selalu membayar biaya makan-makan dan ngopi-ngopi saat sedang berkumpul ramai-ramai? Bila hal ini terjadi sesekali, maka masih termasuk normal, sementara kalau terus-menerus tentunya akan mengganggu juga. Berikut cara menyikapinya:

    • Pada saat akan membayar di kafe dan restoran, langsung menghitung masing-masing harga yang harus dibayar.

    • Jika teman meminta Anda untuk membayar dulu, pastikan untuk langsung ditagih keesokan harinya. Tak usah merasa "tidak enak".



    • Untuk selanjutnya jika Anda pergi dengan sahabat tersebut, sebelumnya Anda bisa menanyakan dan mengingatkan sambil bercanda, "Kamu nggak lupa bawa dompet, kan?"

    • Jika kebiasaan ini berlangsung secara terus-menerus, tak ada salahnya untuk bertanya apakah sahabat memiliki masalah keuangan sehingga Anda bisa memberikan saran-saran untuk membantu mengatasinya.

    • Ajak sahabat untuk bersama-sama menangani kebiasaan buruknya dengan membantu membuat anggaran, berdiskusi mencari jalan keluar dari permasalahan keuangannya dan mendampingi selama proses perbaikan kondisi keuangannya.

    Dengan demikian, Anda sudah pasti tak perlu ragu untuk bersikap jujur demi membantu sahabat yang kesulitan.

     

    (TEKS: LISA SOEMARTO / FOTO: BERBAGAI SUMBER)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below