5 Cara Tingkatkan Karier Anda



  • Own Up

    Saya selalu mudah memaafkan kesalahan yang dibuat oleh karyawan selama mereka bisa mempertanggung-jawabkannya. Jangan mencoba berbohong untuk berkelit dari kesalahan, karena atasan pasti mengetahui hal ini dan membuat Anda jadi susah untuk dimaafkan. Hindari berkelit dan langsung mengaku bersalah.

    Dress Up



    Sebagai seorang perempuan, siapkan waktu untuk melakukan 3P (Packaging, Positioning, dan Presentation), yang bisa jadi akan membuat Anda terlihat lebih menonjol dibanding kandidat lain. Kesan pertama memiliki kekuatan besar, jadi lakukan upaya ekstra untuk memilih pakaian sesuai dengan pekerjaan yang Anda inginkan. Cari tahu bagaimana cara atasan berpakaian, terutama jika 10 tahun lagi Anda ingin menjadi seperti mereka.

    Look Up

    Anda memang tidak dapat memilih siapa yang nantinya menjadi atasan, tapi jika Anda ingin mencari pekerjaan baru, usahakan agar bekerja di bawah pimpinan seseorang yang memang Anda kagumi. Atasan saya adalah Tony Fernandes (CEO Air Asia), seseorang dengan kepribadian paling flamboyan yang pernah saya kenal. Namun di luar itu, ia pintar dan merupakan atasan yang baik sehingga pada akhirnya membuat saya termotivasi. Pelajari cara atasan dalam bekerja dan sesuaikan diri Anda dengan mereka. Seakan sedang belajar menari tango bersama mereka.

    Move Up

    Tantang diri sendiri agar sukses di posisi baru ini dan tak pernah berhenti belajar untuk menjadikan Anda sebagai karyawan yang tidak ternilai. Saya pernah bekerja di bidang fashion, musik, hingga akhirnya di bisnis penerbangan. Setiap kali berganti karier saya tahu bahwa ini berarti saya mengambil risiko besar, tapi saya tahu bahwa ini adalah kesempatan besar untuk berkembang. Selalu menakutkan untuk bekerja di tempat yang baru. Ketika pertama kali mengawali karier di Air Asia, saya bekerja di industri yang dikuasai lelaki dan harus berurusan dengan berbagai mesin dan pilot, yang merupakan hal baru bagi saya. Namun saya terus belajar dan tidak berhenti bertanya, sehingga akhirnya saya berhasil mengatasi semua permasalahan.

    Match Up

    Bagi Anda yang masih pemula, cari pekerjaan yang sesuai dengan kepribadian, jangan hanya mencari jabatan yang keren. Cari tahu apa keahlian Anda dan lakukan pekerjaan yang bisa membuat Anda bersinar. Ini adalah cara untuk membuat Anda dapat berkembang dengan cepat. Bahkan jika Anda memang sudah memiliki pengalaman kerja, teruslah berdiskusi dengan atasan dan cari tahu cara untuk dapat lebih berkembang.

     

    (TEKS: KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)




  • Our Digital Cover




    Latest Issue Her World Maudy Ayunda dan Amanda Khairunnisa Cover Agustus 2021
    Grab it Now!



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below