Life & health

4 Karier Terbaik untuk Tipe Pendiam

By : Kiki Riama Priskila - 2015-02-25 07:39:31 4 Karier Terbaik untuk Tipe Pendiam

Ungkapan "Silent is gold" bisa menjadi lebih bermakna bagi sebagian besar orang dengan sifat pendiam dan introvert. Menurut Nancy Ancowitz, pelatih komunikasi bisnis sekaligus penulis buku Self-Promotion for Introverts, setiap orang, baik pemalu dan pendiam, masih bisa sukses di berbagai jenis profesi. Salah satu tip penting untuk bisa sukses adalah dengan mengetahui karier yang paling menguntungkan untuk sifat Anda. Berikut adalah empat jenis karier yang dianggap paling cocok untuk Anda yang memiliki sifat pendiam.

Programmer

Menurut Ancowitz, mereka yang tidak pandai berbicara bisa jadi seorang "pembicara" komputer yang baik. Seorang programmer memang diharuskan untuk duduk di depan komputer dan menulis kode dalam bahasa komputer demi menciptakan sebuah software. Mereka juga ditugaskan untuk menguji program dan memastikannya dapat berjalan dengan baik. Keahlian teknis, keteguhan, dan kemampuan dalam menyelesaikan masalahlah yang menjadi prioritas utama dalam profesi ini.

Desainer grafis

Seorang desainer grafis akan menghabiskan hampir sebagian besar waktunya untuk merancang sesuatu. Anda juga akan diminta menciptakan konsep visual untuk mengirimkan pesan-pesan tertentu. Profesi ini dianggap ideal untuk tipe pendiam karena mereka yang berprofesi di bidang ini lebih sering mengomunikasikan pikirannya ke dalam bentuk pola serta warna dibanding kata-kata.

Akuntan

Profesi ini cocok bagi Anda yang menikmati sunyinya suasana ketika sedang mengerjakan perhitungan matematika atau pengelompokan data. Sebagai seorang akuntan, Anda akan lebih sering mengurus catatan finansial, menghitung pembayaran pajak, atau menyiapkan laporan-laporan. Dengan kata lain, Anda akan lebih sering bekerja di "belakang layar". Ancowitz menjelaskan bahwa tipe pendiam akan dinilai lebih besar untuk organisasi seperti ini karena mereka dilihat sebagai pekerja yang telaten berkutat dengan angka dan bukan tukang bicara.

Pencatat Persidangan

Jika Anda lebih senang untuk tidak terlihat, tapi mudah berkonsentrasi dalam suasana ramai, profesi ini mungkin cocok untuk Anda. Sebagai pencatat persidangan, Anda ditugaskan untuk merekam isi sidang dari awal hingga akhir. Tak hanya itu, Anda ditugaskan untuk mengedit transkrip rekaman, menyediakan salinannya, serta membuat catatan hukum yang lengkap. Ancowitz merasakan bahwa profesi ini cocok untuk tipe pendiam karena pencatat persidangan membutuhkan campuran keahlian yang langka, yaitu konsentrasi tinggi dan ketepatan dalam mendengar. Keahlian-keahlian ini diyakini dimiliki oleh mereka yang pendiam.

 

(TEKS: KIKI RIAMA PRISKILA / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Life & health