Antisipasi Rekan Kerja Pemalas



  • Kebosanan datang tiba-tiba? Wajar. Mendambakan rehat sejenak? Wajar. Namun, apa jadinya kalau rekan kerja Anda adalah tipe pemalas yang gemar melempar tanggung jawab? Tentu saja Anda akan menganggap hal tersebut tidak wajar. Demi mengantisipasi tipe pekerja seperti itu, bacalah beberapa poin berikut.

    THE WORKAHOLIC WARRIOR

    Ciri-ciri: Setiap kali Anda melihatnya, hampir bisa dipastikan kalau ia dalam keadaan sibuk. Entah sedang menelepon ataupun menganalisis sejumlah dokumen. Jangan mudah terintimidasi, karena nyatanya dokumen tersebut hanyalah daftar belanja rumah tangga, atau lebih parah... daftar side job yang dikerjakan saat waktu kantor (ehm!).



    Kunci sukses: Meja kerja yang dibuat berantakan, dengan tempelan kertas bertuliskan "lunch meeting" dan sejenisnya di sana-sini. Dengan cara ini, ia bisa lolos dari pekerjaan tambahan yang akan diberikan, karena siapa yang bakal tega melakukannya?

    THE TAI CHI MASTER

    Ciri-ciri: Kemampuannya untuk mengalihkan tugas ke rekan kerjanya patut diacungi jempol, karena siapa pun tidak akan sanggup menolak permintaannya.

    Kunci sukses: Hati-hati dengan bujuk rayu dan segala jenis pujiannya, karena di sanalah rahasia kesuksesan sang tai chi master.

    THE MEDITATING MONK

    Ciri-ciri: Anda melihatnya duduk manis di depan meja kerjanya, tapi pikirannya ada di planet lain. Pandangan matanya, menerawang jauh tak jelas.

    Kunci sukses: Keahliannya untuk tidur sambil duduk tegak di kursi kerja sungguh luar biasa. Sehingga orang-orang yang melintas di belakang cubicle-nya akan menganggap bahwa ia sedang terbenam dalam kesibukan.

    THE WORK NINJA

    Ciri-ciri: Kebalikan dari meditating monk, sangat sulit untuk menemui rekan kerja yang tingkah lakunya seperti ninja ini. Dia bisa tiba-tiba menghilang dan tidak diketahui ke mana perginya.

    Kunci sukses: Ia selalu berpindah tempat, entah ke pantry, toilet, ataupun sudut-sudut kantor lainnya. Ia merasa tak harus selalu ada di meja kerjanya, toh ia hanya berjarak dua lantai dari sang atasan.

     

    (TEKS: JEANNE TAI / FOTO: BERBAGAI SUMBER)



 

Related Articles

Advertisement - Continue Reading Below