Food & travel

Cara Makan Sushi

By : Andhini Puteri Lestari - 2015-02-10 07:21:12 Cara Makan Sushi

1. Cucilah tangan sebelum makan. Meski sejumlah restoran sushi menyediakan handuk hangat untuk mengelap tangan, sebaiknya tetaplah mencuci tangan agar bersih dari kuman. Meski Anda kerap menggunakan sumpit saat menyantap sushi, cara terbaik menikmati sushi adalah tanpa sumpit / menggunakan tangan.

2. Siapkan soy sauce. Tuang ke dalam mangkuk kecil yang disediakan. Sebagian orang kerap mencampurkan wasabi ke dalam soy sauce namun sebenarnya ini merupakan kebiasaan orang Amerika dan sebagian orang Jepang ada yang menganggap hal ini kurang sopan. Seharusnya, wasabi jangan dicampurkan ke dalam soy sauce namun jika Anda lebih suka mencampurkannya, pisahkan wasabi dan celupkan ke dalam soy sauce. Saat mencelupkan sushi, celupkan saja bagian atasnya (ikan/topping lainnya), jangan celupkan bagian nasinya untuk menghindari topping tercerai-berai dari nasi. Jika sushi yang dipesan sudah mempunyai saus di atasnya, jangan dicelupkan ke dalam soy sauce, cobalah menikmatinya langsung.

Anda bisa menggunakan sumpit untuk menyelupkan lembaran jahe ke dalam soy sauce lalu gunakan jahe sebagai "kuas" untuk mengolesi ikan atau topping di sushi Anda. Ini akan memberikan esens jahe yang cukup kuat.

3. Lahap dalam sekali suap. Jika ukuran sushi terlalu besar, makanlah dalam dua suapan. Nikmati kesegaran sushi yang lumer dalam mulut Anda, jangan beri saus/kecap secara berlebihan karena akan mendominasi keaslian rasanya.

4. Segarkan mulut dengan selembar potongan jahe di antara setiap gigitan. Ini adalah cara pintar untuk menetralkan rasa yang berbeda untuk setiap sushi yang Anda nikmati. Jangan makan jahenya terlalu banyak.

 

(TEKS: ANDHINI PUTERI LESTARI / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Food & travel