Life & health

Cara Hadapi Masalah Side Job

By : Kiki Riama Priskila - 2015-02-10 04:33:16 Cara Hadapi Masalah Side Job

HAMBATAN #1: PASRAH

Kadang kita terlalu sering mengkhawatirkan risiko dan pada akhirnya lebih memilih untuk pasrah dan tidak melakukan apa-apa.

FAKTA: Risiko bisa terjadi kapan saja. Saat bekerja full-time pun Anda tak lepas dari risiko.

PENYELESAIAN: Tanamkan dalam diri bahwa ada banyak kesempatan berharga dari setiap hal yang dilakukan. Jadi, lebih baik jauhkan diri dari kepasrahan, karena ini adalah ancaman terbesar ketika Anda mulai mencari penghasilan tambahan.

HAMBATAN #2: TERIKAT JAM KANTOR

Bekerja di sebuah perusahaan dengan jam kantor 9 - 6, tentu membuat Anda kesulitan mengatur waktu.

FAKTA: Bekerja seharian di kantor memang sering kali membuat Anda kelelahan. Namun, sebetulnya masih ada Sabtu dan Minggu untuk mencari penghasilan tambahan.

PENYELESAIAN: Komitmen dan manajemen waktu yang dibutuhkan dalam bisnis sampingan sepenuhnya tergantung pada timeline yang Anda tentukan sendiri. Namun, bisnis sampingan jangan sampai mengganggu pekerjaan tetap, sesuaikan saja waktunya agar Anda lebih mudah mengatur pembagian pekerjaan.

HAMBATAN #3: TAKUT GAGAL

Kegagalan adalah hal yang sangat realistis, tapi ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan risiko dari kegagalan bisnis.

FAKTA: Kegagalan bisa datang kapan saja, tapi jangan khawatir, karena apa pun yang terjadi Anda akan masih memiliki pendapatan dari main job Anda.

PENYELESAIAN: Investasikan dana secara minimum pada bisnis awal dan tingkatkan terus jumlah investasi sesuai dengan keuntungan yang telah didapat. Jangan langsung mengeluarkan modal besar pada awal bisnis.

HATI-HATI! Ada kalanya keasyikan mengerjakan side job membuat Anda melupakan tanggung jawab terhadap main job Anda. Jadi jika Anda merasa bahwa side job sudah dapat memberikan penghasilan lebih banyak dari main job, maka berhentilah secara terhormat. Bukannya terus-menerus "menduakan" dan menelantarkan main job.

 

(TEKS: TIKA SYLVIA UTAMI / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Life & health