Life & health

Cara Kelola Cuti

By : Kiki Riama Priskila - 2015-02-05 11:18:15

2 MINGGU SEBELUM

Pilih seorang atau dua orang rekan kerja yang dapat menggantikan Anda di saat sedang tidak berada di kantor. Seseorang yang dapat membuat keputusan penting untuk Anda. Saat menyerahkan tanggung jawab tersebut, tawarkan pada mereka jika Anda bersedia "membayarnya" dengan menggantikan saat mereka pergi berlibur, saran Renette Thom, konsultan Robert Walters, sebuah perusahaan rekruitmen.

1 MINGGU SEBELUM

Buat kertas contekan, yang isinya tergantung cakupan pekerjaan Anda. Misalnya, nomor-nomor kontak klien penting dan pihak berkepentingan lain yang relevan. Jangan lupa tulis instruksi yang jelas dan tenggat waktunya. Renette menambahkan, Anda juga harus menyebut permasalahan yang mungkin timbul saat Anda cuti nanti dan beritahu cara mengatasinya.

2 ATAU 3 HARI SEBELUM

Informasikan ketidakhadiran pada rekan-rekan kerja dan klien melalui e-mail. Tekankan perbedaan waktu dengan tempat liburan Anda, agar mereka tidak menghubungi pada jam-jam yang tidak mengenakan. Pastikan bahwa semua orang tahu siapa yang akan menggantikan tugas Anda.

1 HARI SEBELUM

Nyalakan mesin penjawab otomatis yang menginformasikan bahwa Anda sedang berada di luar kantor. Buatlah jadwal sejelas mungkin, misalnya berapa lama akan pergi dan detail kontak orang yang menggantikan. Informasikan kepergian pada bos secara pribadi. Akan lebih menolong jika Anda terlihat lelah dan stres. Bahkan mungkin ada baiknya jika malam sebelumnya Anda kurang tidur, sehingga rambut kusut dan kantung mata bisa menambah simpati bos.

KEMBALI DARI CUTI

Jangan lupa untuk pulang dengan membawa buah tangan. Terutama untuk bos dan para kolega yang telah menggantikan saat Anda bersenang-senang. Bawalah cokelat, karena makanan manis ini selalu bisa memuaskan orang. Atau, beberapa suvenir kecil untuk membahagiakan mereka.

 

(TEKS: WINDRATIE / FOTO: BERBAGAI SUMBER)

Life & health